Apakah Anak Stunting Pasti Kurang Gizi? Ini Perbedaan Anak Stunting vs Kurang Gizi

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Selasa, 21 November 2023 | 13:30 WIB
Perbedaan anak stunting dan kurang gizi (Adel/ Nakita.id)

Nakita.id - Stunting dan kekurangan gizi merupakan dua masalah kesehatan yang sering dikaitkan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Namun, keduanya memiliki perbedaan dalam hal penyebab, dampak, dan karakteristik. Berikut adalah perbedaan utama antara anak stunting dan anak kekurangan gizi:

Anak Stunting

Definisi:

Stunting adalah kondisi di mana anak mengalami pertumbuhan terhambat sehingga tinggi badannya jauh di bawah standar usianya.

Penyebab Utama:

Stunting biasanya disebabkan oleh kekurangan nutrisi kronis dalam jangka waktu yang panjang, terutama kekurangan nutrisi esensial seperti protein, zat besi, dan vitamin A. Faktor lain seperti akses terhadap pangan yang berkualitas rendah, infeksi berulang, dan sanitasi yang buruk juga dapat berperan.

Dampak Jangka Panjang:

Anak yang mengalami stunting rentan terhadap masalah kesehatan jangka panjang seperti penurunan kemampuan kognitif, gangguan perkembangan mental, dan risiko penyakit kronis pada masa dewasa seperti diabetes dan penyakit jantung.

Manifestasi Fisik:

Anak stunting biasanya memiliki tinggi badan yang jauh di bawah rata-rata untuk usia mereka. Tapi, mereka mungkin tampak kurus atau gemuk, menunjukkan defisiensi gizi secara umum.

Baca Juga: Wujudkan Generasi Emas Bebas Stunting, Ini Menu PMT Pencegahan Stunting yang Berkualitas dan Menyehatkan