Pertolongan Pertama Saat Anak Pingsan

By Gisela Niken, Jumat, 18 Maret 2016 | 03:00 WIB
Pertolongan Pertama Saat Anak Pingsan (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Pingsan menjadi salah satu kondisi penurunan kesadaran yang bisa saja dialami siapa saja termasuk si kecil. Mama perlu mengetahui pertolongan pertama saat anak pingsan agar menghindari dampak lain dari pingsan. Sebenarnya apa ya yang menyebabkan anak pingsan?

Pingsan disebabkan oleh kondisi yang terlalu panas, gula darah rendah, kelelahan atau bahkan karena stres. Mama perlu waspada jika anak mulai menunjukkan tanda-tanda pingsan. Gejalanya antara lain merasa pusing dan wajah terlihat pucat. Berjalan tidak seimbang juga menjadi tanda anak akan pingsan. Perhatikan pula jika ia mengalami keringat dingin hingga menyebabkan muntah. Bisa jadi ia akan pingsan dalam beberapa waktu.Baca juga: Pertolongan Pertama Bayi Jatuh 

Sebagai pertolongan pertama, Mama bisa melakukan hal-hal berikut. Longgarkan baju yang ada di tubuhnya. Hal ini akan membantu tubuh mendapatkan udara segar dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Siapkan handuk dengan air dingin dan usapkan pada wajah si kecil. Jangan pula biarkan ia berdiri atau bangun sampai keadaannya benar-benar kuat.

Mama juga bisa mencegah terjadinya pingsan lo. Ketika merasa anak mengalami gejala pingsan, mintalah anak untuk berbaring atau duduk dengan kepala berada di atas lutut. Jika sudah terlanjur pingsan, rebahkan si kecil dengan posisi kaki terangkat. Jika saat pingsan karena cedera, jangan sekali-kali untuk mengubah posisinya. Memanggil dokter menjadi pilihan terbaik.

Setelah ia sadar, Mama perlu membawa si kecil ke dokter untuk mengetahui penyebab pingsan. Hal tersebut akan mencegah pingsan terjadi lagi. Membawa ke dokter juga penting ketika anak mengalami cedera lain seperti terbentur saat jatuh pingsan. Anak mengalami kesulitan bicara, nyeri dada dan kejang merupakan gejala terjadi hal lain yang butuh penanganan dokter.Baca juga: Yang Harus Mama Lakukan Ketika Anak Muntah 

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Saat kondisi cuaca yang panas atau sedang melakukan aktivitas fisik, usahakan si kecil minum air yang cukup. Selain itu, ajarkan padanya untuk mengambil waktu istirahat saat melakukan aktivitas fisik untuk mencegah kelelahan. Hindari pula lingkungan yang terlalu panas, sempit dan pengap.

Pertolongan pertama saat anak pingsan menjadi penting mengingat pingsan dapat menimbulkan efek berkepanjangan. Jika ia sering pingsan tanpa sebab yang jelas, ada baiknya berkonsultasi ke dokter. (Niken/Kids Health)