Nakita.id - Kini, media sosial tidak hanya dimanfaatkan untuk mencari hiburan saja, namun bisa juga untuk mendukung usaha.
Salah satu kelebihan media sosial yaitu bisa jadi media pemasaran yang tepat.
Salah satu media sosial yang sangat populer di kalangan masyarakat adalah instagram.
Untuk memasang iklan di instagram, Moms perlu mengeluarkan biaya.
Sebenarnya, berapa biaya iklan di instagram?
Harga promosi di instagram bervariasi sesuai dengan tipe iklan yang dipilih.
Besaran uang yang harus dikeluarkan akan memengaruhi jangkauan iklan dan masa penayangannya.
Biaya Iklan Instagram
Melansir laman Web FX, biaya iklan instagram bergantung pada model iklan.
Model iklan terbagi menjadi 2, yaitu:
1. Biaya per klik atau Cost per Click (CPC)
2. Biaya tayang cost per impressions (CPM)
Baca Juga: Biaya MUA Pengantin Kisaran Berapa? Simak Ulasannya
Skema CPC dan CPM juga digunakan untuk memasang iklan di Facebook dan media sosial lainnya.
Untuk biaya per klik, rata-rata pengiklan harus membayar Rp3.000 hingga Rp30.000.
Sementara untuk skema CPM, biayanya berkisar Rp100.500 setiap 1.000 tayangan.
Cara Bayar Iklan di Instagram
Moms bisa membayar iklan di instagram atau instagram Ads melalui kartu kredit atau debit.
Setelah membayar, Facebook akan melakukan review iklan yang sudah ditayangkan.
Sehingga, Moms sebagai pengiklan bisa mengetahui efektivitas iklan tersebut.
Moms juga bisa menganggarkan dana untuk iklan dalam jangka waktu tertentu.
Misalnya, Moms menganggarkan dana Rp1.000.000 untuk memasang iklan selama seminggu.
Faktor Penentu Biaya Iklan di Instagram
Ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi besaram biaya Instagram Ads yang perlu dikeluarkan.
Berikut ulasannya:
1. Jumlah penawaran
Semakin besar biaya yang dianggarkan, maka akan semakin besar distribusi penayangannya.
Baca Juga: Ciptakan Keluarga Sehat Anak Berprestasi Sejak Dini, Ini Kisaran Biaya Program Hamil di Puskesmas
Biaya yang dikeluarkan tergantung pada seberapa jauh jangkauan iklan. Serta seberapa banyak iklan yang mendapat exposure.
2. Skor relevansi
Jika semakin banyak orang menanggapi positif iklan yang ditampilkan, maka skor relevansi akan meningkat.
Skor relevansi terdiri dari jumlah mengklik, berkomentar, dan menyukai.
3. Perkiraan tindakan
Estimasi apakah seseorang akan mengklik atau melakukan interaksi setelah melihat iklan tersebut.
4. Waktu Penayangan
Jam, hari, dan waktu musim dapat mempengaruhi biaya iklan di Instagram. Misalnya, pada waktu-waktu tertentu dalam sehari atau musim belanja, biaya iklan mungkin lebih tinggi karena permintaan yang lebih besar.
Mengidentifikasi waktu-waktu optimal untuk menayangkan iklan Anda dapat membantu mengelola biaya.
5. Kualitas dan Relevansi Konten
Kualitas gambar atau video yang Moms gunakan dalam iklan, serta teks yang mendukung, dapat memengaruhi biaya iklan.
Instagram lebih menyukai konten yang menarik dan relevan, sehingga pastikan untuk menyajikan iklan yang menarik perhatian dan memberikan nilai tambah kepada pengguna.
6. Persaingan Industri
Industri atau sektor bisnis tertentu mungkin memiliki tingkat persaingan yang berbeda.
Jika industri Moms memiliki persaingan yang ketat, biaya iklan cenderung lebih tinggi.
Analisis pesaing dan strategi penawaran yang unik dapat membantu mengoptimalkan pengeluaran iklan.
Baca Juga: Lengkap Daftar Biaya Kursus Bahasa Korea, Siapkan Dananya Mulai Sekarang