Ini Tanda Bila Si Kecil Mengalami Gangguan Mata

By Gisela Niken, Selasa, 15 Maret 2016 | 07:00 WIB
Ini Tanda Bila Si Kecil Mengalami Gangguan Mata (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Anak sering tidak menyadari bahwa terdapat gangguan padanya. Balita akan sangat jarang mengatakan pada Mama bahwa ia mengalami gangguan mata. Untuk itu, Mama perlu mengetahui tanda jika anak mengalami gangguan mata. Mama bisa mengidentifikasi tanda berikut.

1.Menggosok mataMenggosok mata yang normal terjadi jika anak melakukannya setelah bangun dari tidur. Hal tersebut untuk merangsang mata bekerja setelah semalaman tertutup. Menggosok mata menjadi tanda bahwa ada benda aneh di matanya. Mama perlu waspada jika ia menggosok mata sepanjang hari.Baca juga: 5 Gejala Penyakit Mata Pada Anak 

2.Sakit kepalaMata merupakan indera yang erat hubungannya dengan sistem saraf di otak. Oleh karena itu, sakit kepala juga dapat menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres di matanya. Saat si kecil mengeluh sakit kepala berkelanjutan, cobalah untuk memeriksa matanya.

3.Melihat dengan satu mata dan menyipitkan mataMama perlu memerhatikan si kecil terutama saat membaca buku, berada di depan layar teve ataupun sedang melihat objek yang jauh. Anak yang mengalami gangguan mata akan melihat dengan menutup satu mata. Melihat dengan satu mata dapat membantu anak yang memiliki gangguan mata melihat dengan lebih jelas.

4.Tidak senang dengan suasana terangCahaya terang dapat menimbulkan dampak pada penglihatan ketika ada masalah pada mata. Biasanya terdapat bintik-bintik ketika anak melihat dengan cahaya terang seperti di bawah sinar matahari. Oleh karen itu, anak dengan gangguan mata akan menghindari cahaya yang terlalu terang.

5. Posisi kepala tidak normalAnak yang sering memiringkan kepala saat melihat menjadi tanda bahwa ada yang mengganggu penglihatan. Posisi kepala yang miring ke kanan, miring ke kiri ataupun mendongak merupakan cara yang digunakan untuk melihat dengan lebih baik dan nyaman.

6.Melihat terlalu dekatMama perlu waspada ketika anak terlalu dekat menonton televisi ataupun membaca buku. Tidak hanya dapat merusak mata, melihat terlalu dekat dengan objek juga memandakan bahwa ia kesulitan melihat objek. Maka, si kecil jadi lebih memilih menonton atau membaca dengan jarak lebih dekat.Baca juga: Gangguan Mata Pada Bayi 

7.Gerakan bola mataMungkin sulit bagi Mama melihat gerakan bola mata karena anak yang aktif dan tidak bisa duduk diam. Namun, Mama perlu memerhatikan dengan jelas gerakan bola mata. Jika ia sering atau terlalu banyak menggerakkan bola mata, bisa jadi ia sedang mencoba mengurangi nyeri atau rasa sakit di matanya.

Mama harus teliti dalam melihat tanda anak mengalami gangguan mata. Tanda tersebut bisa saja tidak terdeteksi karena hal-hal yang dianggap normal. Mama juga perlu mencegah gangguan mata dengan memberinya asupan Vitamin A yang cukup.(Niken/The Health Site)