Akhirnya Kembali Beroperasi, Simak Cara Belanja di TikTok Shop untuk Pemula

By Shannon Leonette, Selasa, 12 Desember 2023 | 11:29 WIB
Tepat Harbolnas bulan Desember (12/12/2023), TikTok Shop akhirnya kembali beroperasi (Freepik.com)

Nakita.id - Tepat Harbolnas Desember (12/12/2023), TikTok Shop yang sebelumnya sempat ditutup akhirnya kembali beroperasi.

Kali ini, TikTok Shop resmi bekerja sama dengan Grup GoTo, yang mana pengumuman ini disampaikan GoTo di laman resminya pada Senin (11/12/2023).

"PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, ekosistem digital terbesar Indonesia, dan TikTok, platform entertainment global terdepan, pada hari ini mengumumkan kemitraan strategis untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaa serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional," demikian tertulis dalam informasi berita yang disampaikan GoTo.

Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, dimana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia.

Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

"Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo dapat memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia.

Pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia ini akan membawa keuntungan bagi GoTo, yang akan tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, termasuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek," lanjutnya.

Para pelaku UMKM tersebut akan mendapatkan dukungan melalui berbagai program dari TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berupa:

- Promosi produk-produk Indonesia pada platform Tokopedia dan TikTok;

- Huluisasi UMKM - mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM Indonesia melalui program komprehensif yang mendorong pengembangan keahlian dan akses sumber daya mulai dari hulu (tahap produksi) sampai ke hilir (penjualan);

- Dukungan pemasaran, branding dan praktik bisnis berkelanjutan bagi pedagang;

Baca Juga: Tidak Kalah Murah, Ini Solusi Jika Moms Cari Promo Belanjaan Selain di Tiktok Shop