Pentingnya Pemberian MPASI pada 1000 HPK, Bisa Bantu Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

By Poetri Hanzani, Jumat, 15 Desember 2023 | 10:59 WIB
Meningkatkan pemenuhan kebutuhan gizi selama periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) terutama selama masa MPASI. (freepik / cookie_studio)

Nakita.id - 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) begitu penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Oleh karena itu, pemberian gizi yang optimal sangat mendukung tumbuh kembang anak.

Masa 1000 HPK adalah masa emas bagi bayi, karena tumbuh kembangnya berlangsung pesat.

Salah satu periode dalam 1000 HPK seorang anak yaitu dengan pemberian MPASI.

Penting bagi orangtua untuk meningkatkan pemenuhan kebutuhan gizi selama periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) terutama selama masa pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Promina salah satu brand dari PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (Indofood CBP) turut dukung Pemerintah dalam memperbaiki kualitas gizi anak Indonesia guna menghindari masalah gizi. Salah satu bentuk kontribusi Promina dalam membantu tingkatkan #LiterasiGiziMPASI adalah kolaborasi bersama Chef Devina Hermawan dalam acara memasak bertema MPASI Sehat Anti-gagal guna berbagi tips menu kreasi MPASI yang bergizi, lezat dan mudah diikuti oleh Moms sehari-hari.

Head of Corporate Communications Indofood, Stefanus Indrayana mengatakan, ''Komitmen Indofood untuk mendukung perbaikan gizi anak Indonesia tercermin dalam upaya nyata kami salah satunya melalui Promina.

Dipercaya oleh para ibu di Indonesia, selain sebagai produk MPASI fortifikasi berkualitas tinggi yang memenuhi standar BPOM, Promina juga merupakan hasil kolaborasi dengan para ahli, termasuk dokter anak dan ahli gizi untuk memastikan formulasi kandungan gizi, rasa, dan tekstur produk kami sesuai dengan tiap tahap pertumbuhan bayi.

Ini adalah langkah konkrit Indofood untuk membantu meningkatkan literasi gizi demi mewujudkan generasi masa depan yang sehat, cerdas dan berdaya saing,'' ungkapnya dalam acara Promina Cooking Show MPASI Sehat Anti-gagal Bersama Chef Devina pada Kamis, 14 Desember 2023.

Seperti diketahui bersama bahwa memasuki usia 6 bulan, bayi membutuhkan gizi yang lebih kompleks. MPASI yang kurang dalam kuantitas dan kualitas dapat menyebabkan anak gagal tumbuh dan jika berlangsung dalam waktu lama akan menjadi pemicu malnutrisi seperti anemia, stunting, dan wasting.

Dalam kesempatan yang sama, Dokter Spesialis Anak dr. Caessar Pronocitro, Sp.A, M.Sc, menjelaskan bahwa zat besi adalah salah satu elemen kunci untuk pencegahan anemia, wasting, dan stunting.

Baca Juga: Panduan Tepat Jadwal MPASI Ideal untuk Bayi Usia 6 Bulan, Perhatikan Hal Ini