Ini Aturan Saat Memberi Makan Anak yang Sedang Sakit

By Gisela Niken, Senin, 14 Maret 2016 | 05:00 WIB
Ini Aturan Saat Memberi Makan Anak yang Sedang Sakit (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Saat anak sakit, Mama mungkin bingung makanan apa yang dibutuhkan dan bisa diberikan pada si kecil. Tenggorokan yang sakit atau lidahnya yang pahit membuat anak enggan makan. Kehilangan nafsu makan menjadi hal yang sering terjadi saat sakit. Namun, kondisi ini terkadang dibutuhkan oleh tubuh karena ingin beristirahat sejenak. Mama juga perlu mengetahui hal-hal seputar memberi makan anak yang sedang sakit.

Sebelum mengetahui makanan yang perlu diberikan saat anak sakit, Mama harus paham beberapa hal penting seputar makanan saat anak sakit. Menjaga anak tidak dehidrasi menjadi hal yang sangat penting ketika anak sakit. Muntah dan diare membuat banyak cairan keluar dari tubuh. Meski tidak bisa makan, pastikan anak minum air putih yang cukup. Selain itu, perkenalkan makanan padat secara perlahan setelah ia merasa lebih baik. Sup dan biskuit menjadi salah satu jenis makanan yang bisa diberikan.Baca juga: 3 Cara Mencegah Anak Dehidrasi Saat Diare 

Cobalah untuk memberikan makanan yang ia inginkan. Selama tidak ada pantangan makanan, biarkan ia memilih makanannya sendiri. Hal ini membantu untuk memberikan sedikit energi dan mempercepat pemulihan. Jika ia benar-benar tidak mau makan, Mama perlu membawanya ke dokter agar tidak terjadi masalah kesehatan lebih lanjut. Lalu, jenis makanan apa yang seharusnya diberikan ketika anak sakit?

Pisang dan roti menjadi jenis makanan yang cocok diberikan ketika anak sakit. Makanan ini mudah untuk dicerna dan juga dimakan oleh si kecil. Selain itu, pisang dan roti punya nutrisi yang baik untuk mempercepat pemulihan tubuh. Sereal dan susu bisa jadi kombinasi lain untuk anak yang sedang sakit.Kandungan protein yang tinggi dapat membantu pemulihannya. Selain itu, kandungan lemak dan gula yang terkandung di dalamnya akan meningkatkan energi anak.

Sup menjadi makanan legendaris ketika sakit. Ketika kecil, Mama mungkin diberikan sup saat sakit. Sup memang teruji dapat memberikan ketenangan karena hangat yang diberikan oleh sup. Selain itu, sayuran di dalam sup akan membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan. Ayam atau sapi di dalam sup akan membantu mengembalikan energi yang hilang saat sakit. Sayuran lain selain sup juga sangat penting untuk diberikan kepada anak yang sedang sakit. Antioksidan yang terkandung dalam sayuran mendukung fungsi kekebalan tubuh. Sayuran seperti wortel mengandung beta-karoten yang dapat membantu tubuh melawan virus dan bakteri.Baca juga: 5 Makanan untuk Menyembuhkan Flu dan Batuk 

Memastikan anak tetap makan saat sakit menjadi hal yang perlu Mama lakukan. Mama juga perlu memerhatikan hal-hal seputar memberi makan ketika anak sakit seperti mencampurkan makanan yang ia suka dengan makanan peningkat kekebalan tubuh seperti madu dan susu. Pastikan anak mendapatkan asupan gizi selama sakit.(Niken/New Kids Center)