Seberapa Penting Menyiapkan Tabungan Pendidikan Anak Sejak Dini? Yuk, Ketahui Hal Ini Moms

By Yussy Maulia, Kamis, 21 Desember 2023 | 16:53 WIB
Ilustrasi dana pendidikan. (Shutterstock)

Nakita.ID – Pendidikan merupakan salah satu hak anak yang wajib dipenuhi oleh orangtua. Memperoleh pendidikan yang layak juga dapat menjadi “gerbang” bagi anak untuk menuju masa depan yang lebih terjamin.

Salah satu langkah untuk memastikan si kecil memperoleh pendidikan yang layak adalah dengan menyiapkan dana pendidikan. Bahkan, sebaiknya Moms dan Dads sudah mempersiapkan tabungan pendidikan si kecil sejak dini.

Mengapa demikian? Setidaknya, ada empat alasan merencanakan tabungan pendidikan untuk si kecil harus dilakukan sejak dini.

1. Biaya pendidikan cenderung meningkat setiap tahun

Tahukah Moms? Biaya pendidikan cenderung meningkat setiap tahun. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), uang pangkal sekolah di Indonesia rata-rata mengalami kenaikan sebesar 10-15 persen setiap tahun.

Sementara itu, pada Agustus 2023, BPS kembali mencatat terjadi inflasi biaya pendidikan hingga 2,38 persen.

Baca Juga: Konsisten Menabung Setiap Bulan, Yuk Kelola Uang Tabungan si Kecil dengan Aplikasi Ini

Di samping biaya pendidikan yang terus meningkat, Moms masih harus mempertimbangkan kebutuhan lain, seperti iuran sekolah, seragam, alat tulis, hingga ekstrakurikuler.

Oleh sebab itu, dengan menyiapkan tabungan pendidikan sejak dini, Moms dapat mengantisipasi berbagai biaya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan si kecil.

2. Jangka waktu menabung lebih panjang

Dengan memulai lebih dini, Moms memiliki lebih banyak waktu untuk menabung. Dengan begitu, Moms juga berpeluang mengumpulkan tabungan pendidikan yang lebih besar.

Bahkan, pakar pinjaman biaya pendidikan asal Amerika Serikat, Mark Kantrowitz, menyarankan orangtua untuk mulai menabung dana pendidikan sejak anak lahir.