Apa Saja Layanan Konsultasi yang Ada di Puskesmas? Ini Ulasannya

By Shannon Leonette, Senin, 8 Januari 2024 | 17:15 WIB
Moms bisa cari tahu di sini apa saja layanan konsultasi yang tersedia di puskesmas. Jangan sampai lewatkan ya, Moms. (Nakita.id/Naura)

Nakita.id - Konsultasi apa saja yang ada di puskesmas? Yuk, cari tahu! Puskesmas adalah fasilitas kesehatan terdepan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat Indonesia.

Puskesmas sendiri bisa dijangkau dengan mudah dari tempat tinggal Moms.

Selain itu, puskesmas sudah didukung oleh tenaga medis yang kompeten dari dokter, dokter gigi, bidan, perawat, petugas laboratorium, dan masih banyak lagi. Namun sayangnya, tak banyak Moms yang tahu apa saja layanan konsultasi yang ada di sana.

Moms bisa cek selengkapnya dalam penjelasan berikut ini.

Layanan Konsultasi yang Ada di Puskesmas

1. Rawat Jalan Tingkat Pertama

Moms harus tahu, puskesmas memberikan pelayanan pencegahan penyakit, konsultasi, dan saran pengobatan pada pasien yang tidak membutuhkan rawat inap. Pelayanan rawat jalan yang disediakan oleh puskesmas diantaranya:

- Promosi, penyuluhan, dan pelayanan kesehatan fisik, kesehatan jiwa, kesehatan gigi, kesehatan reproduksi (termasuk deteksi dini kanker serviks), napza, pola makan, kesehatan lansia, serta kesehatan kerja dan olahraga.

- Pelayanan kesehatan lingkungan dengan memantau tempat-tempat umum, pengelolaan makanan, dan sumber air bersih.

- Pelayanan kesehatan ibu, anak, dan keluarga berencana, seperti pemeriksaan kondisi ibu hamil, membantu persalinan, perawatan masa nifas, program keluarga berencana, pemberian imunisasi dasar bagi bayi dan anak, serta konseling menyususi dan makanan pendamping ASI.

- Pelayanan gizi dengan melakukan deteksi dini kasus gizi di masyarakat dan melakukan asuhan keperawatan pada kasus gizi.

- Pelayanan pencegahan dan pengendalian penyakit, baik penyakit menular maupun tidak menular.

- Pelayanan skrining kesehatan untuk pasien dengan risiko penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2 dan hipertensi.

Baca Juga: Tidak Selalu Gratis, Ini Biaya Periksa Kehamilan di Puskesmas