Rata-rata Orang Hanya Minum 4 Gelas Air Putih Sehari

By Gisela Niken, Kamis, 3 Maret 2016 | 02:30 WIB
Rata-rata Orang Hanya Minum 4 Gelas Air Putih Sehari (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Air putih memang dikenal baik untuk kesehatan tubuh kita. Namun penelitian dari University of Illinois yang baru dirilis ini semakin menguatkan fakta bahwa manfaat minum air putih sangat besar. Yaitu, bahwa minum air putih efektif mengurangi kalori dan kadar kolesterol.

Baca juga: Minum Air 10 Gelas Per Hari 

Penelitan yang diterbitkan dalam Journal of Human Nutritions and Diabetics tersebut mengungkapkan, ketika seseorang meningkatkan porsi air putihnya 1% saja, ia akan mengurangi jumlah kalori, gula, sodium, dan kolesterol masuk ke dalam tubuh. Artinya, Mama bisa mengurangi berat badan dan menjaga kesehatan dengan cukup minum air putih secara teratur.

Para peneliti merekomendasikan untuk meningkatkan konsumsi air putih satu hingga dua gelas setiap hari. Karena berdasarkan asupan air putih yang dianjurkan (8 gelas sehari), kebanyakan orang belum memenuhinya.

Penelitian ini melibatkan 18.311 orang dewasa dengan cara mengikuti survei kesehatan yang berlangsung  sejak 2005. Hasilnya, rata-rata orang dewasa hanya mengonsumsi 4,2 gelas air putih setiap harinya. Kemudian, penelitian ini menyimpulkan kenaikan pasokan air minum 1% saja dapat menurunkan 8,5 kalori, 0,74 gram gula, 9,8 miligram sodium, serta 0,88 gram kolesterol.

Dalam penelitian ini, peserta diminta mencatat segala sesuatu yang mereka makan dan minum selama sepuluh hari. Setelah itu, para peneliti mengolah data dengan mengombinasikan jumlah air putih yang mereka konsumsi dengan asupan makanan dan minuman. Berbagai olahan air seperti air teh dan kopi tidak dihitung dalam penelitian ini.Baca juga: Trik Agar Anak Suka Air Putih 

Bayangkan saja jika Mama mengonsumsi dua hingga tiga gelas air putih lebih banyak setiap hari. Mama dapat menurunkan 205 kalori, 18 gram gula, 235 miligram sodium, serta 21 gram kolesterol. “Temuan ini tidak memandang kondisi tubuh, suku, ras, berat badan, serta faktor-faktor lainnya. Sehingga temuan ini wajib diketahui oleh semua orang,” kata Ruopeng An, salah seorang peneliti.

Dalam penelitian, Ruopeng An juga menemukan bahwa manfaat minum air putih ini terjadi pada laki-laki dengan usia 20 hingga 30 tahun. Namun, manfaat minum air putih juga berlaku bagi siapa pun. Mama bisa memulai kebiasaan baik ini pada keluarga. Jangan lupa ingatkan Papa hingga si kecil untuk rajin mengonsumsi air putih setiap hari.(Niken/Fox News/Illinois.edu)