Kapan Waktu yang Tepat untuk Menambah Anak?

By Gisela Niken, Senin, 29 Februari 2016 | 01:15 WIB
Kapan Waktu yang Tepat untuk Menambah Anak? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Ketika si kecil sudah tidak lagi Mama gendong, Mama mungkin berpikir inilah waktunya untuk memberikan ia adik. Namun untuk punya anak lagi, jangan hanya memikirkan bahwa si sulung sudah mulai bisa berjalan dan berbicara. Mama perlu membicarakan banyak hal kepada Papa agar menemukan waktu yang tepat untuk menambah anak.

Mama dan Papa perlu memastikan apakah si kecil senang bermain dengan anak yang lebih kecil. Anak yang senang dengan anak yang lebih kecil dapat jadi pertimbangan Mama untuk punya anak lagi. Selain itu, Mama juga perlu mengecek kesiapan dalam diri Mama. Apakah Mama sudah siap untuk melakukan kembali rutinitas memiliki bayi seperti terjaga di tengah malam. Atau bisa jadi Mama dan Papa lebih memilih melakukan hal itu sekarang dibandingkan di masa mendatang ketika usia Mama dan Papa semakin bertambah.Baca juga: Yang Harus Diketahui Sebelum Punya Anak 

Mama juga perlu menyiapkan diri karena kehamilan anak kedua tidak seperti kehamilan sebelumnya. Mama akan tetap disibukkan mengurus si kecil yang sudah mulai aktif. Pastikan Mama tetap mendampinginya meskipun dalam kondisi hamil. Mama dan Papa juga harus memastikan kondisi rumah yang siap dihuni oleh dua anak yang perkembangannya mirip karena umurnya yang tidak jauh.

Jika seluruh hal tersebut sudah Mama sanggupi, berarti inilah waktu yang tepat untuk punya anak lagi. Namun, Mama harus memastikan pula kondisi ekonomi keluarga, kesibukan Mama dan Papa, hingga rencana-rencana Mama dan Papa di masa depan tetap dapat terealisasi. Jangan sampai kehamilan anak kedua tidak dipersiapkan dengan matang.

Mama dan Papa juga perlu melihat pengasuhan jangka panjang. Punya dua anak dengan jarak usia yang tidak jauh membuat pertengkaran akan sering terjadi. Mungkin Mama dan Papa tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli perlengkapan bayi. Tapi, pastikan Mama dan Papa siap untuk memiliki waktu memiliki dua anak yang akan aktif dalam waktu hampir bersamaan. Memikirkan dampak jangka panjang saat dibutuhkan Mama dan Papa yang ingin punya anak lagi.Baca juga: Mengatur Jarak Kelahiran Anak 

Waktu yang tepat untuk menambah anak sangat ditentukan oleh rencana dan kondisi Mama dan Papa. Usia anak pertama atau anak sebelumnya tidak selamanya menentukan. Selain itu, fisik Mama juga harus disiapkan agar kehamilan dan pengasuhan akan berikutnya menyenangkan dan berjalan lancar. (Niken/What To Expect)