Perkiraan Cuaca BMKG Jumat 2 Februari 2024, Aceh dan 29 Wilayah di Indonesia Terancam Alami Cuaca Ekstrem

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 1 Februari 2024 | 18:45 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem Jumat 2 Februari 2024 (Freepik.com)

Nakita.id - Berikut peringatan cuaca ekstrem dari BMKG pada Jumat 2 Februari 2024.

Mengutip dari bmkg.go.id, terdapat potensi cuaca ekstrem di 32 wilayah di Indonesia.

Cuaca ekstrem hujan lebat, kilat, dan angin kencang terjadi di wilayah Aceh dan 29 wilayah lainnya.

Sementara itu DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Timur mengalami hujan, kilat, disertai angin kencang.

Wilayah Maluku juga terpantau mengalami angin kencang esok hari.

Pusat Tekanan Rendah terpantau berada di Teluk Carpentaria. Sistem ini membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dan menginduksi peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) dari Laut Arafura hingga Australia bagian utara.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Pesisir barat Aceh yang membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) di Selat Malaka bagian utara dan Riau.

Sirkulasi Tertutup (Eddy) terpantau berada di Kalimantan bagian barat dan membentuk daerah kovergensi dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang dari Kep. Mentawai hingga Laut Jawa bagian barat, dari Samudra Hindia barat Bengkulu hingga Jawa Timur, dari Samudra Hina selatan Jawa Tengah hingga selatan Jawa Timur, dari Brunei Darussalam hingga Seat Makassar, dari Selat Makassar hingga Sulawesi Tenggara, dari Laut Sulawesi hingga Laut Maluku, dari Laut Filipina hingga Laut Sulawesi, dari laut Banda hingga Papua, dan di Samudra Pasifik utara Papua.

Daerah konfluensi terpantau berada di Laut Jawa dan Samudra Hindia selatan Jawa - Bali.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar pusat tekanan rendah/sirkulasi siklonik/sirkulasi tertutup dan di sepanjang low level jet/konvergensi/konfluensi tersebut. Intrusi udara kering/dry intrusion dari BBU melintasi Samudra Pasifik timur Filipina, Filipina, dan Laut Sulu, yang mampu mengangkat uap air basah di depan batas intrusi menjadi lebih hangat dan lembab yaitu di Laut Sulawesi dan Sulawesi bagian utara.

Baca Juga: Hati-hati Keluar Rumah! BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem Kamis 1 Februari 2024