Mudahnya Membuat Variasi Menu untuk Bayi

By Dini, Rabu, 24 Februari 2016 | 23:00 WIB
Mudahnya Membuat Variasi Menu untuk Bayi (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Setelah selesai ASI eksklusif 6 bulan, bayi mulai dikenalkan dengan MPASI. Supaya tidak bosan sekaligus belajar mengenalkan beragam rasa, sangat penting membuat variasi menu untuk bayi. Berikut panduannya:

* Variasi menu untuk bayi bisa berupa bubur saring ayam, bubur saring bayam, atau bubur saring ikan. Pada prinsipnya bayi belum mengenal rasa enak atau tidak enak seperti selera orang dewasa, jadi tidak perlu menambahkan garam atau penguat rasa apa pun.

Baca: Resep Bubur Saring Ikan

* Pilih sayuran dan bahan lainnya yang masih segar, bila memungkinkan bahan organik lebih baik. Sayuran segar akan membuat makanan terasa sedap. Jangan menyimpan bahan untuk makanan bayi terlalu banyak di lemari es karena akan berkurang kesegarannya. Kalau bisa setiap hari baru lebih baik.

* Gunakan slow cooker untuk membantu Mama dalam mempersiapkan MPASI untuk bayi. Semua bahan yang dibutuhkan tinggal dimasukkan ke dalamnya tanpa perlu ditunggu. Mama bisa melakukan aktivitas lain sambil menunggu masakan matang sendiri, seperti proses menanak nasi dengan rice cooker.

Baca: Resep Bubur Saring Ayam

* ASI bisa dicampurkan untuk MPASI. Caranya, perah ASI, dan siapkan bahan-bahan yang akan diolah. ASI stok yang telah disimpan di lemari pendingin juga bisa digunakan sebagai campuran MPASI. Gunakan ASI yang tanggal penyimpanan yang paling awal.

* Beberapa bahan yang bisa diolah bersama ASI seperti pisang, caranya, lumatkan, lalu campur dengan ASI, saring dengan saringan kawat.

Baca: Resep Bubur Kentang Wortel

Perlu Mama ingat, MPASI harus sekali makan habis. Jadi jangan mengolah terlalu banyak. Jika sudah waktunya makan, olah lagi yang baru sehingga MPASI selalu fresh.

Mudah kan, menyiapkan variasi menu untuk bayi?

(*)