3 Cara Mencegah Stunting, Pastikan Menu MPASI Anak Bergizi Salah Satunya

By Nurul Faradila, Jumat, 9 Februari 2024 | 15:08 WIB
Pentingnya asupan protein hewani dalam MPASI anak untuk cegah stunting. (Freepik/prostooleh)

Nakita.id - Stunting merupakan salah satu masalah kesehatan terkait gizi yang berusaha diselesaikan oleh pemerintah.

Seperti yang diketahui, stunting adalah kondisi kekurangan gizi kronis. Ditandai dengan tinggi badan di bawah rata-rata usia.

Kondisi ini tak boleh dibiarkan, karena dampaknya yang serius. Berpotensi menimbulkan gangguan metabolik saat anak dewasa.

Dari data terakhir pada 2022, angka stunting di Indonesia masih cukup tinggi, yakni 21,6% dan targetnya pada akhir tahun ini dapat ditekan hingga 14%.

"Hasil Survei Status Gizi Indonesia 2022 angka (kasus stunting) sekitar 21,6%. Itu artinya 1 dari 5 balita mengidap stunting," kata Kepala Biro Perencanaan BKKBN RI Dr. Drs. Wahidin, M.Kes, dalam program Royco NutriMenu, Selasa (6/2/12024).

Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional 25 Januari lalu yang mengusung tema MPASI Kaya Protein Hewani, kita diingatkan lagi upaya-upaya untuk mencegah stunting.

Langkah Mencegah Stunting pada Anak

Wahidin menjelaskan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mempunyai tiga prioritas dalam upaya pencegahan stunting.

1. Kesehatan calon pengantin

Ia mengatakan, hal yang paling penting diperhatikan adalah kondisi kesehatan calon ibu sebelum hamil. Tidak mengalami anemia ataupun kurang energi kronik (KEK).

"Ini menjadi problem karena menjadi kebiasaan calon pengantin pada umumnya, dietnya ketat. Saking ketat, bisa kekurangan gizi kronis," kata Wahidin.

Ia melanjutkan, "Begitu dia hamil, menurut riset berpotensi melahirkan anak stunting."

2. Kesehatan ibu hamil

Sebelum maupun saat hamil, kondisi kesehatan ibu harus diperhatikan dengan baik.

Baca Juga: Tolong Jangan Lakukan Hal Ini! Berikut Tips Menyimpan MPASI dengan Benar