Mengenal Gaya Belajar Anak Sebelum Dimasukkan ke Sekolah Tujuan Sangatlah Penting, Ini Kata Psikolog

By Shannon Leonette, Jumat, 9 Februari 2024 | 17:42 WIB
Salah satu tips memilih sekolah anak menurut psikolog adalah mengenal bagaimana gaya belajar anak itu sendiri. (Freepik.com)

Nakita.id - Sebagai orang tua baru, Moms harus tahu bahwa setiap anak memiliki keunikannya masing-masing, mulai dari perilaku, sikap, hingga cara belajarnya yang berbeda-beda.

"Bahkan, yang kembar identik pun mereka akan punya perilaku, sikap, dan cara belajar yang berbeda," ungkap Michelle Tania, M.Psi, Psikolog dalam acara press conference Playhouse Academy, Rabu (7/2/2024).

"Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk bisa mengenal anaknya," kata Michelle menekankan.

Seperti, potensi anak seperti apa, apa yang disukai anak, juga apa kekuatan dan kekurangan anak.

Dengan memahami hal-hal tersebut, Moms tentu bisa memberikan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan anak.

"Kalau kita kurang mengenal anak kita juga kebutuhannya tapi kita paksakan, tentu anak akan merasa frustasi dan mungkin berat (menjalani pendidikannya di sekolah)," terang Michelle yang adalah psikolog berlisensi di Playhouse Child Development Center (PDCC), Playhouse Academy.

Menurut Michelle, diperlukan intervensi secara tepat waktu untuk meningkatkan keterampilan anak-anak sejak dini, sehingga dapat mendorong kesuksesan akademis hingga ke jenjang yang lebih tinggi, dan nantinya dapat meningkatkan kualitas hidupnya secara keseluruhan.

Playhouse Academy hadir sebagai Taman Kanak-Kanak (TK) independen pertama di Indonesia yang menawarkan pendidikan inklusif dan intervensi dini yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar masing-masing muridnya.

Didirikan pada Maret 2020, Playhouse Academy secara resmi telah meraih akreditasi dari Cambridge International Education untuk menerapkan kurikulum Cambridge Early Years.

Sebagai informasi, akreditasi Cambridge Early Years merupakan sebuah pengakuan penting di dunia pendidikan terhadap penyelenggaraan pendidikan awal yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan masa depan anak-anak.

Adanya standar internasional ini bukan hanya menjamin kualitas pembelajaran sesuai dengan standar global, tapi juga menandai Playhouse Academy sebagai institusi yang berkomitmen pada penyediaan pendidikan bermakna dan menyenangkan bagi siswanya.

Baca Juga: Tips Memilih Sekolah TK Anak Agar Si Kecil Tumbuh Sehat dan Berprestasi