Mayoritas Diet Berhasil karena Tetap Sarapan

By Gisela Niken, Rabu, 24 Februari 2016 | 04:30 WIB
Mayoritas Diet Berhasil karena Tetap Sarapan (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Sarapan ternyata jadi hal yang penting untuk tubuh kita. Terdapat 103 penelitian dari Harvard University yang menunjukkan bahwa sarapan dapat memberikan stamina lebih baik, meningkatkan konsentrasi, dan menyehatkan tubuh. Bahkan, sebuah studi menunjukkan bahwa 78% orang yang berhasil diet tetap sarapan setiap pagi. Maka dari itu, ada beberapa mengapa sarapan itu penting.

Spesialis Gizi Klinis, DR. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, mengatakan setiap hari tubuh butuh gizi yang seimbang. “Otak sebagai pusat koordinasi tubuh sangat membutuhkan energi dari makanan. Setiap aktivitas kita pasti membutuhkan kerja maksimal dari otak. Maka, mengawali hari dengan gizi seimbang adalah hal yang harus dilakukan,” katanya dalam peluncuran kampanye Bulan Sarapan Sempurna oleh Frisian Flag di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (24/2).Baca juga: Manfaat Sarapan Bagi Anak 

Saat bangun pagi tubuh kita sangat lemah. Kok bisa, ya? Padahal semalaman kita sudah beristirahat. Sebelum bangun, energi yang terakhir kita dapatkan adalah dari makan malam. Selesai makan malam, lemak dan protein di dalam tubuh kita meningkat. Namun, lemak serta protein tersebut digunakan untuk tubuh selama tidur. Ketika tidur organ tubuh kita seperti jantung tetap bekerja lo, Mam. Meski tidak bekerja maksimal seperti saat kita bangun, tubuh tetap membutuhkan asupan energi.

Ketika bangun, tubuh (khususnya otak) sangat memerlukan energi untuk aktivitas kita sehari-hari. Protein dan lemak yang didapat ketika makan malam sudah habis digunakan tubuh saat tidur. Menurut dr. Samuel, untuk mendapatkan energi yang maksimal kita membutuhkan gizi seimbang. Mengonsumsi nasi serta lauk pauk saja ternyata tidak cukup.  Karbohidrat memang menjadi sumber energi terbaik. Namun, saat sarapan kita juga membutuhkan protein dan lemak yang berfungsi sebagai zat pembangun dan memperlancar metabolisme dalam tubuh kita. Kedua unsur ini akan mendorong kinerja sel serta hormon dalam tubuh kita.Baca juga: Ini Menu Sarapan yang Dapat Mencerdaskan Anak 

Yang lebih penting, sarapan harus dipenuhi dengan vitamin. Vitamin punya fungsi sebagai pengatur fungsi-fungsi tubuh. Tanpa vitamin, fungsi tubuh yang telah mendapatkan asupan gizi akan menjadi percuma. Vitamin bisa Mama dapatkan dari sayuran dan buah.

Segelas susu bisa jadi pelengkap saat sarapan. Vitamin dan mineral di dalamnya akan membantu fungsi-fungsi tubuh seperti otak untuk berpikir, otot untuk bergerak, serta fungsi tubuh lain yang sangat memengaruhi kegiatan Mama sehari-hari. Setelah mengetahui mengapa sarapan itu penting, jangan lupa siapkan sarapan dengan gizi seimbang setiap hari, ya. (Niken)