Rangkuman Subbab Mensyukuri Nikmat, Materi PAI Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 19 Februari 2024 | 10:00 WIB
Berikut ini materi mensyukuri nikmat, PAI kelas XI SMA Kurikulum Merdeka (Pexels.com)

Nakita.id - Berikut rangkuman PAI Kelas XI SMA pada Kurikulum Merdeka.

Penjelasan selengkapnya mengenai mensyukuri nikmat akan diulas dalam artikel ini.

Yuk, disimak!

Nikmat, menurut bahasa adalah pemberian, anugerah, kebaikan, dan kesenangan yang diberikan manusia, baik berupa rezeki, harta, keluarga, maupun segala kesenangan yang lain.

Seringkali kita diingatkan oleh khatib atau dai, bahwa nikmat terbesar itu adalah Iman dan Islam, termasuk juga nikmat sehat wal ‘afiat.

Berdasarkan penjelasan tersebut, mensyukuri nikmat adalah berterima kasih kepada Allah Swt. atas segala nikmat yang telah dianugerahkan kepada kita.

Caranya adalah menggunakan segala nikmat tersebut, sesuai dengan tujuan nikmat itu diberikan.

Misalnya nikmat tangan, mata, dan kaki, semuanya digunakan untuk hal-hal yang benar menurut Allah Swt, bukan keinginan nafsu, syahwat, apalagi perbuatan maksiat.

Contoh tidak baik dilakukan umat Yahudi, yang dikisahkan oleh AlQur’an (misalnya dalam Q.S. al-Baqarah/2: 49, dan Q.S. al-Qashas/28: 4), sebagai umat yang paling kufur nikmat.

Bersama Nabi Musa a.s. umat Yahudi menikmati begitu banyak nikmat, khususnya nikmat keberhasilan menghadapi Fir’aun dan bala tentaranya yang menindas dan membunuh setiap anak laki-lakinya yang baru lahir.

Lalu Allah Swt. menyelamatkan mereka, namun semua itu diingkari, bahkan di satu masa, sampai berani membunuh nabi mereka.

Baca Juga: Rangkuman Materi PAI Kelas XI Kurikulum Merdeka Pengertian Janji hingga Balasan Janji