Cara Alami Usir Bau di Seluruh Badan

By Gisela Niken, Selasa, 23 Februari 2016 | 01:00 WIB
Cara Alami Usir Bau di Seluruh Badan (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Bau dapat muncul dari berbagai bagian tubuh seperti ketiak hingga vagina. Rasanya tidak nyaman bukan? Mama perlu melakukan beberapa langkah untuk usir bau di seluruh badan dengan cara alami. Setiap bagian tubuh punya cara mengatasinya masing-masing lo, Mam.

1. RambutRambut yang berbau menyengat sangat menganggu. Bau ini tidak hanya muncul dari rambut, melainkan dari kulit kepala. Mama bisa menggunakan baking soda untuk mengusir bau dari rambut. Campurkan lima sendok makan baking soda ke dalam segayung air. Pertama-tama bilas rambut Mama dengan air biasa kemudian usapkan cairan baking soda ke seluruh bagian rambut dan diamkan selama lima menit. Kemudian cuci rambut dengan air dingin. Baking soda dapat menetralkan bau dari rambut hingga kulit kepala.Baca juga: Cara Cepat Hilangkan Bau dan Noda Ompol di Kasur 

2. MulutBawang menjadi salah satu makanan pemicu bau mulut. Sikat gigi setelah mengkonsumsi makanan yang berbau menjadi salah satu cara mengatasi bau. Pengunaan sikat lidah serta obat kumur dapat membantu mengusir bau pada mulut. Mengonsumsi buah-buahan segar seperti jeruk dan pisang dapat pula menjadi cara lain untuk mengatasi bau mulut secara alami.

3. KetiakBau pada ketiak menjadi hal yang sering dialami banyak orang. Lipatan pada ketiak sangat mudah membuat keringat dan bakteri. Mandi secara teratur menjadi cara mengatasi yang paling umum. Namun, Mama bisa menggunakan beberapa bahan alami yang terbukti ampuh mengusir bau ketiak. Mama dapat mengonsumsi daun sirih, jahe hingga daun kemangi. Untuk daun sirih dan jahe, Mama bisa merebusnya dan meminum air rebusannya. Sementara, daun kemangi dapat dimakan sebagai lalapan.

4. VaginaBau pada vagina juga disebabkan oleh keringat sebab vagina sendiri tidak berbau. Posisinya yang tertutup membuat bakteri mudah muncul dan menimbulkan bau. Mama hanya perlu rajin membersihkan vagina dengan sabun yang memiliki PH ringan atau sabun khusus pembersih vagina. Rajin mengganti celana dalam juga bisa mengurangi bau lo. Mama dapat pula meminum sari lidah buaya dan rebusan daun pandan untuk mengurangi bau pada vagina.Baca juga: Bau Tak Sedap Pada Vagina, Penyebab dan Cara Mengatasinya 

5. KakiKaki yang lembap dan jarang mendapatkan udara segar menjadikan kaki sebagai bagian tubuh yang sering menimbulkan bau. Untuk mengatasinya, Mama perlu memastikan kaki Mama kering sebelum memakai sepatu. Gunakan kaus kaki yang menyerap keringat ya, Mam. Jika sudah selesai beraktivitas rendamlah kaki dengan teh atau air baking soda. Hal ini dapat mengurangi bakteri yang berkembang pada kaki.

Itu dia cara alami mengatasi bau di seluruh badan dan Mama bisa lakukan sendiri di rumah. Menjaga kebersihan menjadi sangat penting untuk menjauhkan badan Mama dari bakteri yang menimbulkan bau tak sedap. (Niken/ Health Site)