Apakah Harus Ikut Lagi? Ini Pentingnya SUB PIN Polio yang Kedua

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Jumat, 23 Februari 2024 | 18:45 WIB
Imunisasi SUB PIN Polio kedua (Nakita/Nita Febriani)

Nakita.id - Imunisasi SUB PIN Polio Kedua (SUB PIN Polio 2) adalah bagian penting dari program vaksinasi yang dirancang untuk melindungi anak-anak dari penyakit polio yang serius dan berbahaya.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa alasan mengapa imunisasi SUB PIN Polio Kedua sangat dianjurkan:

1. Perlindungan Jangka Panjang

SUB PIN Polio Kedua memberikan perlindungan jangka panjang terhadap poliovirus. Dengan memberikan dua dosis SUB PIN Polio, tubuh anak dapat mengembangkan imunitas yang kuat terhadap tiga jenis poliovirus.

2. Pencegahan Penyebaran Penyakit

Polio adalah penyakit menular yang disebabkan oleh poliovirus. Melalui SUB PIN Polio Kedua, anak-anak dapat menjadi tidak hanya terlindungi dari penyakit ini, tetapi juga berperan dalam mencegah penyebaran virus kepada yang lain.

3. Menghindari Kecacatan dan Komplikasi

Polio dapat menyebabkan kelumpuhan permanen atau sementara pada anak-anak. Imunisasi membantu menghindari risiko ini, memberikan perlindungan terhadap potensi kecacatan dan komplikasi serius lainnya.

4. Keamanan dan Efektivitas

SUB PIN Polio Kedua telah terbukti aman dan efektif. Program vaksinasi secara global telah berhasil mengurangi jumlah kasus polio secara signifikan dan bahkan memerangi penyebaran virus tersebut di beberapa wilayah.

5. Kontribusi terhadap Upaya Eradikasi Polio

Baca Juga: Jadwal Sub PIN Polio Dosis 2 di Posyandu, Jangan Sampai Kelewatan