Peringatan Cuaca Ekstrem Sabtu 25 Februari 2024, Hati-hati Mendadak Hujan Lebat!

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 24 Februari 2024 | 21:30 WIB
Cuaca ekstrem 24 Februari 2024 (Freepik.com/Kireyonok_Yuliya)

Nakita.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem agar warga waspada terhadap terjadinya peningkatan curah hujan yang disertai kilat/angin kencang di wilayah Indonesia.

Warga diminta agar waspada teradinya fenomena alam seperti yang terjadi pada hari Rabu tanggal 21 Februari 2024 sekitar pukul 15.30-16.00 WIB, masyarakat di sekitar wilayah Rancaekek dengan adanya kejadian fenomena cuaca ekstrem puting beliung.

Persitiwa itu cukup menimbulkan ikutan dampak angin kencang hingga sekitar wilayah Jatinagor, dimana kondisi angin di sekitar Jatinangor terukur pada saat jam kejadian mencapai 36.8 km/jam.

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto dalam siaran persnya dilansir dari situs resmi BMKG, BMKG memonitor bahwa terdapat beberapa fenomena atmosfer yang terpantau masih cukup signifikan dan dapat memicu peningkatan curah hujan yang disertai kilat/angin kencang di wilayah Indonesia.

BMKG menilai aktivitas onsoon asia yang masih dominan.

Aktivitas gelombang atmosfer di sekitar Indonesia bagian Tengah, dan Timur serta terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di Indonesia Bagian Tengah dan Selatan.

Beberapa wilayah yang berpotensi terjadi hujan sedang menuju hujan lebat dengan potensi disertai pembentukan awan Comolunimbus pada 25 Februari 2024, yaitu:

Sumatra Utara

Sumatra Barat

Riau

Jambi

Baca Juga: Mau Keluar Rumah? Hati-hati Cuaca Ekstrem Rabu 14 Februari 2024, BMKG Sudah Beri Peringatan di Wilayah Ini