Cara Tidur Lagi Setelah Terbangun Tengah Malam

By Dini, Senin, 22 Februari 2016 | 03:30 WIB
Cara Tidur Lagi Setelah Terbangun Tengah Malam (Dini)

Agar Mama bisa bekerja dengan tubuh yang bugar esok hari, simak cara tidur lagi setelah terbangun tengah malam:

1. Bangkit dari tempat tidur“Jangan menghabiskan waktu di tempat tidur karena berusaha tidur lagi," papar spesialis gangguan tidur Dr Harneet Walia, dari Sleep Disorder Center, Cleveland Clinic. Jika Mama tak bisa tidur lagi dalam 20 menit setelah terbangun tengah malam, cobalah bangkit dari tempat tidur. Pergilah ke kamar yang lain, lalu lakukan sesuatu yang tidak menyenangkan. Misalnya, dengarkan musik yang lembut, membaca buku yang sudah Mama baca sebelumnya, atau tonton acara yang tidak menarik di televisi. Begitu merasa mengantuk, segera lah tidur kembali.

2. Jangan menatap jam dindingMelihat jam menunjukkan pukul 02.00 atau 03.00 memang meresahkan. Tetapi, hindari menatap jam dinding terus-menerus. Hal itu hanya membuat Mama bertambah stres karena otak akan terus menghitung berapa jam waktu tidur yang sudah terbuang. Balikkan saja jam dinding di kamar agar Mama tidak bisa melihatnya. 

3. Pastikan cahaya tidak terlalu terangCahaya membuat Mama merasa waspada, yang tentunya tidak Mama inginkan ketika ingin tidur lagi setelah terbangun tengah malam. Jika Mama terbangun, pergilah ke kamar mandi, atau buatlah minuman atau kudapan, namun tetap dengan cahaya yang redup. Jika Mama memutuskan untuk membaca, jangan menggunakan cahaya dari layar seperti komputer, ponsel, atau tablet. Cahaya seperti itu bisa membuat Mama terus terjaga.

4. Usahakan tetap santaiMama bisa membuat tubuh dan pikiran tetap relaks dengan bernapas dalam-dalam, meditasi, berusaha membayangkan pemandangan, suara-suara, atau aroma dari suatu tempat yang menenangkan. Mama juga bisa menenangkan otot-otot yang tegang, mulai dengan memijat bagian kaki hingga kening Mama.

5. Gosok telingaAgar tidur lagi setelah terbangun tengah malam, cobalah gerakan yang disarankan Gillian Berry, ahli akupuntur dari British Acupuncture Council, ini. Cara ini ditujukan untuk menstimulasi titik akupresur di telinga yang sensitif terhadap tidur. "Gunakan ibu jari dan telunjuk, lalu gosok bagian atas telinga di mana ada rongga yang mengarah ke wajah Anda," katanya.

6. Putar mataTutuplah mata, lalu putar kedua bola mata Mama ke arah atas dengan perlahan. Lakukan beberapa kali. Menurut penelitian, ketika Mama memutar mata ke atas  sehingga membuat sudut 20 derajat, otak akan mengalihkan bagian kewaspadaannya menjadi bagian yang relaks. Hal ini akan ditunjukkan dengan melambatnya gelombang otak, dan membantu Mama terlelap.

Ada banyak cara tidur lagi setelah terbangun tengah malam yang bisa Mama coba. Semoga tangisan si bayi tidak lagi meresahkan Mama, ya.

(Dini/WebMD/Express)