Cara Mudah dan Praktis Memperbaiki Keran Shower yang Bocor

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Kamis, 29 Februari 2024 | 11:30 WIB
Cara memperbaiki keran shower yang bocor (freepik)

Nakita.id - Ketika keran shower bocor, tidak hanya dapat mengganggu, tetapi juga mengakibatkan pemborosan air dan meningkatkan tagihan air.

Berikut adalah panduan langkah-demi-langkah untuk membantu Moms memperbaiki keran shower yang bocor dengan mudah, mengutip dari berbagai sumber.

1. Matikan Air

Sebelum memulai perbaikan, pastikan untuk mematikan pasokan air ke keran shower. Temukan katup air yang terhubung dengan shower dan putar searah jarum jam untuk menutupnya.

2. Lepaskan Pegangan atau Penutup Keran

Banyak keran shower memiliki pegangan atau penutup yang dapat dilepaskan. Gunakan obeng atau kunci pas untuk membuka penutup dan mengakses bagian dalam keran.

3. Periksa Seal atau O-Ring

Cek seal atau O-ring di sekitar sambungan atau sendi keran. Jika terlihat aus atau rusak, gantilah dengan yang baru. Pastikan untuk memilih seal yang sesuai dengan merek dan model keran shower Anda.

4. Ganti Cartridge atau Batere

Cartridge atau batere adalah bagian penting dalam keran shower. Jika keran masih bocor setelah mengganti seal, kemungkinan cartridge perlu diganti. Buka keran dan ganti cartridge yang rusak dengan yang baru.

5. Bersihkan dan Periksa Saringan

Baca Juga: Ikuti Panduan Cara Membersihkan Kepala Shower yang Kotor Ini dan Lihat Hasilnya, Dijamin Bikin Kaget!