Resep Alami untuk Melegakan Sakit Tenggorokan

By Gisela Niken, Jumat, 19 Februari 2016 | 06:08 WIB
Resep Alami untuk Melegakan Sakit Tenggorokan (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Musim hujan turut membawa serta berbagai penyakit, termasuk penyebab sakit tenggorokan. Biasanya, gejala sakit tenggorokan menyertai beberapa penyakit lain seperti flu, batuk, dan penyakit lainnya. Saat gangguan menyerang, tenggorokan terasa sakit, utamanya saat batuk, bahkan saat makan dan minum.

Nah, bila gangguan ini menyerang, jangan buru-buru ke dokter atau beli obat di apotek terdekat, melainkan coba dulu ramuan berbahan alami ini. Berikut cara alami atasi sakit tenggorokan:

1. PisangPisang mengandung vitamin C yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan mempermudah kita sembuh dari penyakit. Teksturnya yang lembut membuat Mama tidak kesulitan memakannya meski tenggorokan sedang sulit menelan.Baca juga: Pisang Bantu Kesuburan Pria 

2. Kol rebusAntioksidan yang terkandung dalam kol sangat baik untuk memulihkan berbagai gejala flu, termasuk melegakan sakit tenggorokan. Mama hanya perlu merebus kolnya dan bisa langsung mengkonsumsinya.

3. WortelMama bisa mengolah wortel dengan berbagai cara seperti merebus atau menumisnya. Kandungan vitamin A yang tinggi akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Mama. Selain itu, sayuran ini juga mengandung pigmen alami yaitu karotenoid yang mengandung antioksidan.Baca juga: Musim Hujan, Waspada Radang Tenggorokan Pada Anak 

4. TehTeh adalah obat pelega tenggorokan yang sudah ada sejak dulu ya, Mam. Kehangatan  dan antioksidan yang diberikan oleh teh dapat menjadi obat ampuh untuk melegakan sakit tenggorokan. Mama juga bisa mencampurnya dengan jahe. Selain itu, teh juga dapat menurunkan stres.

5. MaduMadu sangat berkhasiat untuk membantu penyembuhan penyakit yang dikibatkan virus serta bakteri di dalam tubuh. Maka, madu dapat secara alami menyembuhkan sakit tenggorokan. Rasanya yang manis sangat mudah untuk dikonsumsi dengan apa pun.

Kini, Mama bisa menggunakan cara alami melegakan sakit tenggorokan ini di rumah. Siapkan bahan-bahan tersebut di dapur Mama karena musim hujan dapat membuat siapa saja mudah terserang flu. (Niken/Woman's day)