Ini Dia Cara Agar Mama Bekerja Efektif dari Rumah

By Gisela Niken, Jumat, 19 Februari 2016 | 03:13 WIB
Ini Dia Cara Agar Mama Bekerja Efektif dari Rumah (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Pada kondisi tertentu, Mama kadang harus bekerja di rumah. Baik sementara waktu maupun karena kantor sudah menerapkan kantor virtual (virtual office). Mengasuh anak dan bekerja menjadi dua hal yang ingin dilakukan sebagian besar Mama. Tapi, bagaimana cara agar Mama bekerja efektif dari rumah? 

1.Ruangan kerja Mama jadi berantakanBerbeda dengan kantor, Mama tidak bisa memiliki ruangan khusus untuk bekerja. Ruangan Mama pasti banyak terganggu dengan barang-barang rumah seperti mainan si kecil. Untuk mengatasinya, Mama hanya perlu membeli satu rak khusus untuk pekerjaan Mama. Dengan begitu, barang Mama tidak bercampur dengan hal-hal lain dan bisa membantu Mama bekerja dengan fokus.

2.Tidak bisa berkomunikasi dengan rekan sekantorBekerja di rumah membuat Mama tidak bisa berkomunikasi dengan rekan sekantor. Hal ini bisa jadi berdampak buruk untuk kinerja Mama lo. Mama tidak bisa ikut rapat sehingga tak banyak mengetahui perkembangan di kantor. Mama bisa mengatur waktu makan siang atau hari tertentu dimana Mama mengunjungi kantor dan bertemu sambil bertukar pikiran.Baca juga: Mama, Jangan Merasa Bersalah Jadi Ibu Pekerja 

3. Banyak gangguan ketika bekerjaMeski sebagai seorang pekerja, Mama yang bekerja dari rumah tidak bisa menghindari gangguan seperti si kecil yang rewel ataupun urusan bersih-bersih rumah. Dalam hal ini Mama perlu memberikan penjelasan kepada seluruh anggota keluarga. Mama bisa mengatur jam kerja Mama sendiri. Artinya, di jam tersebut anggota keluarga lain harus memahami bahwa Mama sedang bekerja. Mama hanya bisa diganggu di luar jam kerja.

4. Mama jadi malas bekerjaTidak ada atasan yang memantau membuat Mama cenderung malas untuk mengerjakan sesuatu. Menunda pekerjaan menjadi hal yang sangat mungkin terjadi ketika Mama bekerja dari rumah. Mama hanya perlu membuat jadwal setiap harinya. Jangan lupa Mama harus membatasi jam kerja agar waktu di rumah jadi efektif untuk bekerja dan mengasuh anak.Baca juga: Tip Praktis ASI Ekslusif untuk Ibu Bekerja 

5. Mama jadi terpaku gadgetGadget yang Mama punya adalah satu-satunya jalan untuk terhubung dengan kantor. Namun, hal ini malah membuat Mama lebih sering memeriksa gadget dibanding waktu dengan keluarga. Ingatlah akan jadwal jam kerja yang Mama buat. Mama bisa beritahukan jam kerja tersebut kepada rekan Mama agar mengerti bahwa Mama sedang tidak bisa mengurus pekerjaan.

Itu dia berbagai cara agar Mama bekerja efektif di rumah. Jangan sampai bekerja di rumah malah makin membuat Mama tak ada waktu untuk si kecil dan pekerjaan Mama juga tidak selesai. Mama harus pintar membagi waktu ya.(Niken/Parenting)