Manfaat Puasa Syawal 6 Hari, Meski Lebaran Tetap Ambil Berkahnya

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 11 April 2024 | 20:00 WIB
Manfaat puasa syawal 6 hari (Freepik.com)

Nakita.id - Setelah bulan Ramadan yang penuh berkah berlalu, umat Muslim memiliki kesempatan untuk melanjutkan keberkahan dengan puasa enam hari pada bulan Syawal.

Puasa Syawal merupakan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan memiliki banyak manfaat baik secara spiritual maupun fisik.

Berikut ini beberapa manfaat puasa Syawal selama enam hari bagi umat Muslim.

Manfaat Puasa Syawal 6 Hari

1. Mendapatkan Pahala yang Besar

Puasa Syawal memiliki pahala yang besar di sisi Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadan kemudian diikuti dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka seperti puasa setahun." (HR. Muslim).

Dengan puasa enam hari di bulan Syawal, umat Muslim dapat memperoleh pahala yang setara dengan puasa satu tahun penuh.

2. Menghapuskan Dosa

Puasa Syawal juga memiliki manfaat dalam menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya.

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa berpuasa Ramadan lalu diikuti dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti orang yang berpuasa selamanya." (HR. Muslim).

Dengan berpuasa selama enam hari di bulan Syawal, umat Muslim dapat menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya dan memperoleh ampunan dari Allah SWT.

3. Memperkuat Kebiasaan Beribadah

Puasa Syawal memberikan kesempatan bagi umat Muslim untuk memperkuat kebiasaan beribadah yang telah dibangun selama bulan Ramadan. Setelah berpuasa sepanjang bulan Ramadan, umat Muslim akan terbiasa dengan rutinitas berpuasa dan ibadah harian.

Melanjutkan puasa enam hari di bulan Syawal dapat membantu mempertahankan kebiasaan beribadah dan meningkatkan keimanan.

4. Menjaga Kesehatan Fisik

Selain manfaat spiritual, puasa Syawal juga memiliki manfaat bagi kesehatan fisik. Berpuasa secara teratur telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan metabolisme tubuh, membersihkan racun dalam tubuh, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga: Puasa Syawal Digabung Niat Puasa Senin Kamis, Lengkap dengan Hukum Melaksanakannya