Jangan Panaskan Susu Terlalu Lama

By Gisela Niken, Selasa, 16 Februari 2016 | 06:45 WIB
Jangan Panaskan Susu Terlalu Lama (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Mengonsumsi susu tentu sangat baik untuk kesehatan ya, Mam. Tapi Mama juga perlu mengetahui cara mengkonsumsi susu yang benar. Ada beberapa hal yang perlu Mama ketahui, salah satunya cara memanaskan susu.

Emilia E. Achmadi, MS,RD, seorang ahli gizi, menyarankan untuk tidak memanaskan susu terlalu lama. Suhunya pun cukup 40 hingga 50 derajat Celcius. “Suhu yang tinggi justru membunuh bakteri baik yang ada di dalam suhu,” ujarnya. Protein, vitamin, serta zat immunoglobulin menjadi kandungan gizi yang berkurang jika susu dipanaskan terlalu tinggi.Mama juga perlu mengetahui bahwa tidak seluruh jenis susu dapat dipanaskan. Susu bubuk yang sudah diseduh tidak boleh dipanaskan lagi. Apalagi susu bubuk yang mengandung probiotik. Jika dipanaskan terlalu lama,  kandungan gizinya jadi hilang. Sedangkan susu UHT menjadi salah satu jenis susu yang aman untuk dipanaskan. Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anak Perlu Minum Susu? 

Lalu, berapa kali kita boleh meminum susu? WHO telah menyarankan setiap orang untuk mengonsumsi dua gelas susu per hari. Untuk balita, Mama bisa memberikan 3 hingga 4 gelas susu per hari. Sedangkan orang dewasa dianjurkan meminum 4 gelas susu per hari.

Selain langsung diminum, ada cara lain mengonsumsi susu dengan benar lo. Mencampurnya dengan buah bisa jadi alternatif. Mama bisa mencampurkan pisang atau strawberry dengan susu segar. Tidak hanya itu, olahan susu lain seperti yoghurt juga bisa digunakan untuk dicampur dengan buah. Cara ini sangat baik untuk Mama yang sedang diet.

Susu segar juga bisa dikonsumsi untuk bayi. Namun, Mama perlu mengetahui bahwa susu baru dapat diberikan ketika bayi sudah menginjak usia 1 tahun. Sebelum satu tahun, sistem pencernaan bayi hanya dapat menerima ASI.  Susu segar ataupun susu formula perlu diberikan sebagai makanan pendamping ASI pada anak usia lebih dari satu tahun karena kebutuhan gizi si kecil yang mulai berbeda.Baca juga: Minum Susu Agar Badanku Tinggi 

Nah, Mama sudah mengetahui cara mengonsumsi susu dengan benar. Mama juga perlu memperhatikan kebutuhan gizi seluruh anggota keluarga agar susu yang diberikan benar-benar sesuai dan bermanfaat dengan tepat sasaran.(Niken)