Ketahui Cara Melindungi Anak dari Kekerasan Seksual Orang Terdekat

By Diah Puspita Ningrum, Kamis, 4 April 2024 | 16:00 WIB
Melindungi anak dari kekerasan seksual orang terdekat (Freepik)

Nakita.id - Semakin marak terjadi, Moms harus tahu cara melindungi anak dari kekerasan seksual yang dilakukan orang terdekat.

Perlindungan anak dari kekerasan seksual, terutama oleh orang-orang terdekat seperti keluarga atau kenalan, adalah salah satu prioritas utama bagi setiap orang tua dan masyarakat pada umumnya.

Kekerasan seksual dapat meninggalkan dampak traumatis yang mendalam pada anak, yang dapat berlangsung sepanjang hidup mereka.

Oleh karena itu, penting untuk memahami cara-cara melindungi anak-anak kita dari ancaman kekerasan seksual dan bagaimana mencegahnya terjadi.

Cara Melindungi Anak dari Kekerasan Seksual

1. Komunikasi Terbuka

Membuka jalur komunikasi yang terbuka dan jujur dengan anak adalah langkah pertama dalam melindungi mereka dari kekerasan seksual.

Ajarkan anak-anak tentang batasan tubuh mereka, bagaimana mengidentifikasi perilaku yang tidak pantas, dan mengajak mereka untuk berbicara dengan Moms jika mereka merasa tidak nyaman.

2. Pendidikan Seksual yang Sehat

Pendidikan seksual yang sehat dan tepat usia adalah kunci untuk membantu anak-anak memahami tubuh mereka sendiri dan hubungan antar pribadi.

Ajarkan mereka tentang hak-hak mereka dan batasan-batasan yang harus dijaga dalam hubungan.

3. Pemahaman tentang Persetujuan

Baca Juga: Risiko Trauma Anak 5 Tahun Korban Kekerasan Seksual Ayah Kandungnya