Ingin Mudik Nyaman? Cek Peta Resmi Jalur Lebaran 2024 Radio Sonora dan Kemenhub

By Shannon Leonette, Rabu, 10 April 2024 | 10:01 WIB
Radio Sonora bersama Kementerian Perhubungan RI merilis Peta Resmi Jalur Lebaran 2024 yang memuat informasi mengenai mudik di trans Jawa dan Sumatera. (Dok. Press Release)

Nakita.id - Radio Sonora bersama dengan Kementerian Perhubungan RI kembali menghadirkan Peta Resmi Jalur Lebaran 2024.

Peta Resmi Jalur Lebaran 2024 ini merupakan edisi ke-28, hasil kolaborasi oleh Radio Sonora bersama Kementerian Perhubungan serta seluruh stakeholder angkutan Lebaran 2024.

Diantaranya Kementerian PUPR, PT ASDP, POLRI, Badan SAR Nasional, BMKG, MyPertamina, Jasa Marga, PLN, Consina, dan lainnya.

Di dalam peta mudik ini, berisikan informasi penting terkait pengaturan lalu lintas selama masa arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Seperti informasi seputar tarif tol terbaru, pengaturan ganjil genap, one way, contraflow, jalan tol fungsional, SPBU Modular, titik-titik SPKLU atau Sistem Pengisian Kendaraan Listrik Umum, Rest Area, titik layanan Serambi Pertamina, pembatasan operasional angkutan barang, serta lokasi Rumah Sakit di sepanjang jalur lintas trans Jawa dan Sumatera.

Peta mudik ini diterbitkan dalam rangka membantu para pemudik yang menggunakan jalur darat agar mempunyai pedoman selama perjalanan mudik lintas Jawa dan Sumatera, sehingga perjalanan mudiknya berjalan dengan lancar, nyaman, dan ceria.

Hal ini sesuai yang disampaikan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi beberapa waktu lalu, yang menyebut bahwa tren pergerakan masyarakat secara nasional pada hajatan mudik tahun ini meningkat pesat dibandingkan tahun lalu.

"Pergerakan masyarakat secara nasional berpotensi mencapai 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 193,6 juta orang", ujar Budi saat Rapat Koordinasi Angkutan Lebaran 2024 di Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Angka tersebut meningkat pesat dibandingkan potensi pergerakan masyarakat pada masa Lebaran 2023 yakni 123,8 juta orang.

"Untuk mengantisipasi potensi lonjakan pergerakan masyarakat tersebut, kami melakukan persiapan baik secara operasional maupun kebijakan dalam pengendalian, pengaturan transportasi, dan penanganan secara komprehensif bersama instansi kementerian dan lembaga pada pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, serta pihak swasta," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Pemberitaan Radio Sonora Viliny Lesmana menyatakan, tahun ini merupakan tahun ke-28 Radio Sonora berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan RI dalam menyediakan informasi pengaturan masa mudik dan balik Lebaran melalui Peta Resmi Jalur Lebaran 2024.

Baca Juga: Ringkas dan Anti Repot, Ini Tips Membawa serta Menyiapkan MPASI saat Perjalanan Mudik