Ini Faktor Penentu Mama Bisa Hamil Lagi

By Gisela Niken, Kamis, 11 Februari 2016 | 01:30 WIB
Ini Faktor Penentu Mama Bisa Hamil Lagi (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Mungkin Mama dan Papa sudah merasa waktunya memberikan adik untuk si kecil. Banyak pertanyaan yang muncul seperti apakah Mama masih subur untuk punya anak lagi. Nah, ternyata ada banyak faktor penentu Mama bisa hamil lagi. Berikut pembahasannya.Baca juga: 4 Faktor Penentu Kesuburan 

Umur menjadi hal yang utama dalam faktor penentu Mama bisa hamil lagi. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa kualitas sel telur terbaik terjadi di usia 20-an. Namun, Mama jangan khawatir. Penurunan kesuburan terjadi secara bertahap. 

Di usia 30-an, Mama masih berpeluang untuk hamil lagi. Beberapa penelitian menunjukkan di usia tersebut banyak wanita yang hamil alami alias tanpa melakukan program hamil. Mama perlu melakukan konsultasi dan program khusus apabila sudah menginjak usia 40-an.

Faktor penentu Mama bisa hamil lagi juga dipengaruhi oleh gaya hidup Mama. Merokok bisa jadi justru menjadi salah satu faktor penghambat. Nikotin tidak hanya mempengaruhi kualitas tetapi jumlah sel telur juga. Merokok juga dapat mempercepat masa menopause. Menjadi perokok pasif juga berbahaya lo, Mam. Pastikan Mama tidak berada di lingkungan yang banyak asap rokok.Baca juga: Tidak Subur Karena Merokok? 

Berat badan yang tidak ideal menjadi faktor lain. Badan Mama yang terlalu kurus atau gemuk sangat memengaruhi ovulasi. Tetapi jika siklus menstruasi Mama normal, Mama tidak perlu begitu khawatir karena hal itu menunjukkan sistem reproduksi Mama sehat dan normal. Mama perlu waspada jika berat badan Mama tidak ideal dan siklus menstruasinya tidak normal.

Kehamilan sebelumnya ikut menjadi faktor penentu Mama bisa hamil lagi. Coba ingat-ingat apakah kelahiran Mama lancar? Jika ditemukan banyak masalah bisa jadi hal itu mempersulit Mama untuk hamil lagi. Masalah saat kelahiran sangat berpotensi merusak kesuburan.

Beberapa penelitian menghubungkan stres dengan susah hamil. Produksi hormon esterogen yang menurun sangat dipengaruhi oleh kondisi Mama yang stres. Hal ini wajar saja ketika Mama tak kunjung punya anak, stres pasti datang menghampiri. Bercerita dengan orang sekitar bisa jadi obat manjur untuk mengatasinya. Baca juga: Stres Dapat Menggangu Kehamilan 

Itu dia faktor penentu Mama bisa hamil lagi. Untuk menyambut anak berikutnya, Mama dan Papa memang perlu menyiapkan fisik dan mental agar Mama bisa merasakan kehamilan yang nyaman dan sehat. (Niken/Parenting)