5 Trik Menangani Stres Akibat Hasil Tes Kehamilan Negatif

By Gisela Niken, Rabu, 10 Februari 2016 | 02:15 WIB
5 Trik Menangani Stres Akibat Hasil Tes Kehamilan Negatif (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Sudah berusaha hamil tapi hasil testpack berkata lain, alias masih negatif. Duh, pasti sedih ya, Mam. Setiap kali tes kehamilan selalu hasilnya negatif. Mama jangan sedih dan putus asa dulu. Jika gagal, Mama harus bisa menangani stres akibat tes kehamilan negatif. Bagaimana caranya?Baca juga: Kehamilan Palsu, Ini Tanda dan Penyebabnya 

1.Lawan rasa sedihMeskipun Mama sudah berkali-kali mendapatkan hasil negatif, pasti rasa sedih terus melanda. Mama tidak dapat langsung menangani stres akibat hasil tes kehamilan negatif dengan sendirinya. Ingatlah bahwa sedih dan murung tidak menyelesaikan masalah. Lakukan berbagai hal yang mampu membuat Mama melampiaskan rasa kesal ataupun sedih. Bernyanyi dengan suara keras juga bisa jadi salah satu triknya lo, Mam.

2. PengakuanSalah satu cara menangani stres akibat hasil tes kehamilan negatif ialah mengakui dan menerima bahwa hal itu memang terjadi pada Mama. Saat pertama kali mengetahuinya mungkin Mama merasa tidak adil mengapa hal itu terjadi. Tapi dengan pengakuan tersebut, Mama akan tetap memiliki semangat untuk menjadi ibu.

3. SantaiTrik ini dapat digunakan ketika Mama telah melewati masa marah dan kecewa yang mendalam. Kini saatnya menangani stres akibat hasil tes kehamilan negatif dengan berdiam diri. Cobalah rileks dan memikirkan bahwa tidak menerima kenyataan juga tidak dapat menyelesaikan masalah. Jangan sampai Mama jadi tidak bisa melanjutkan hidup ya.Baca juga: Stres Dapat Ganggu Kesehatan Janin 

4. Mengatur pikiranMama perlu mengambil waktu sejenak untuk tidak memikirkan hal-hal yang berhubungan dengan kehamilan dan anak-anak. Arahkan pikiran Mama kepada hal menyenangkan lain. Mama perlu mengatur waktu berdua dengan Papa untuk membantu mengalihkan pikiran. Buat kegiatan menarik buat berdua.

5. Menolong orang lainMungkin Mama tak bisa sendirian menangani stres akibat hasil tes kehamilan negatif. Mama justru bisa berbagi dan menolong orang lain yang mengalami kejadian yang sama. Cobalah mencari teman lewat bantuan media sosial. Saling bertukar cerita dan menguatkan akan membuat Mama jauh lebih tenang.Mama perlu mencoba trik menangani stres akibat tes kehamilan negatif ini. Jangan mudah putus asa dan terus berkonsultasi dengan dokter ya, Mam. (Niken/Parents)