Solusi Mengusir Semut di Rumah Tanpa Membunuh, Salah Satunya Pakai Cuka

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Sabtu, 20 April 2024 | 16:56 WIB
Cara mengusir semut tanpa membunuh dengan bahan alami (Freepik.com/wirestock)

Nakita.id - Semut adalah hewan kecil yang seringkali menjadi masalah di rumah, terutama ketika mereka memasuki area dapur atau ruang makan.

Namun, mengusir semut tidak selalu harus melibatkan penggunaan bahan kimia atau cara-cara yang merugikan lingkungan.

Berikut adalah beberapa cara alami dan ramah lingkungan untuk mengusir semut tanpa membunuh, melansir dari Home Guides.

1. Membersihkan dengan Rutin

Semut tertarik pada sumber makanan dan air. Pastikan untuk membersihkan area dapur dan meja makan secara rutin untuk menghilangkan sisa makanan atau minuman yang dapat menarik perhatian semut.

2. Menggunakan Bahan Alami yang Membuat Semut Menjauh:

- Cuka Putih: Semut tidak menyukai bau cuka. Campurkan cuka putih dengan air dalam botol semprot dan semprotkan di sekitar area masuk semut atau di jalur mereka. Ini akan membuat semut menjauh.

- Kayu Manis: Semut juga tidak suka dengan aroma kayu manis. Taburkan bubuk kayu manis di sekitar tempat-tempat yang sering dilewati semut.

- Teh Peppermint: Rendam kantong teh peppermint dalam air panas, biarkan selama beberapa menit, kemudian peras dan biarkan airnya dingin. Semprotkan larutan teh peppermint di sekitar area masuk semut atau di jalur mereka. Aroma pepermint akan membuat semut menjauh.

3. Menyumbat Celah dan Lubang

Periksa dan tutup celah atau lubang di dinding, jendela, atau pintu yang mungkin menjadi pintu masuk semut ke dalam rumah.

Baca Juga: Mengusir Semut dengan Bahan Alami, Bisakah Pakai Jeruk Nipis?