Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak dan Tidak Sering Terbangun di Malam Hari

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Kamis, 25 April 2024 | 18:30 WIB
Tips agar bayi tidak sering terbangun di malam hari (Freepik.com)

Nakita.id - Tidur adalah bagian penting dalam perkembangan bayi, namun terkadang bayi sering terbangun di malam hari, menyebabkan stres bagi orang tua. Mengutip dari Healthline, inilah beberapa tips yang dapat membantu bayi tidur nyenyak sepanjang malam.

1. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Tenang

Pastikan kamar bayi tenang, gelap, dan nyaman. Gunakan penutup jendela dan tirai tebal untuk mengurangi cahaya, serta perangkat lunak putih untuk menenangkan bayi.

2. Kenali Tanda-tanda Mengantuk

Amati tanda-tanda mengantuk pada bayi seperti menggosok mata, mengucek-ucek telinga, atau mengeluarkan suara mengantuk. Segera bawa bayi tidur saat tanda-tanda tersebut muncul.

3. Atur Rutinitas Tidur

Bangun rutinitas tidur yang konsisten, seperti mandi, membaca buku, dan menyanyikan lagu tidur sebelum tidur. Hal ini membantu bayi untuk mengasosiasikan aktivitas tersebut dengan waktu tidur.

4. Pertimbangkan Pola Makan

Pastikan bayi mendapatkan cukup asupan makanan dan cairan sepanjang hari. Pertimbangkan untuk memberikan makan malam yang cukup, tetapi hindari memberi makan terlalu banyak sehingga bayi tidak merasa kenyang berlebihan.

5. Praktikkan Metode Tidur Mandiri

Ajari bayi untuk tidur mandiri dengan menempatkannya di tempat tidur saat dia masih terjaga. Ini membantu bayi untuk belajar mengantuk dan tidur tanpa bergantung pada perasaan tertentu, seperti menggendong.

Baca Juga: Apakah Boleh Bayi Tidur saat Maghrib? Ketahui Manfaat dan Risikonya