Mengapa Bayi Susah Tidur Setelah Imunisasi? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

By Ratnaningtyas Winahyu, Minggu, 5 Mei 2024 | 20:00 WIB
Cara mengatasi bayi susah tidur setelah imunisasi (Freepik.com)

Nakita.idImunisasi adalah salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan bayi dan melindungi mereka dari penyakit serius.

Namun, seringkali setelah mendapatkan imunisasi, Si Kecil justru dapat mengalami kesulitan tidur yang membuat orang tua khawatir.

Apabila Si Kecil juga mengalaminya, Moms tak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Bagaimana caranya? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Mengapa bayi susah tidur setelah imunisasi?

Ada beberapa faktor mengapa bayi bisa mengalami kesulitan tidur setelah mendapatkan imunisasi. Beberapa faktor yang memengaruhi, yaitu:

1. Reaksi tubuh

Setelah mendapatkan imunisasi, tubuh bayi dapat mengalami reaksi seperti demam ringan, kemerahan atau pembengkakan di tempat suntikan, yang dapat membuatnya merasa tidak nyaman.

2. Peningkatan aktivitas

Beberapa bayi dapat merasa lebih aktif atau gelisah setelah imunisasi, sehingga sulit untuk tidur.

3. Perubahan rutinitas

Proses imunisasi dapat mengganggu rutinitas tidur bayi, terutama jika disertai dengan reaksi fisik yang membuatnya tidak nyaman.

Cara mengatasi bayi yang susah tidur setelah imunisasi

Melansir dari berbagai sumber, inilah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi bayi yang susah tidur setelah imunisasi.

1. Berikan kenyamanan

Pastikan bayi berada dalam lingkungan yang nyaman dan tenang setelah imunisasi. Gunakan pakaian yang lembut dan hindari situasi yang membuatnya merasa terganggu.

2. Berikan ASI atau susu botol

Memberikan ASI atau susu botol hangat sebelum tidur dapat membantu bayi merasa lebih tenang dan tertidur dengan lebih mudah.

Baca Juga: Mengapa Imunisasi pada Anak Tidak Boleh Diberikan Saat Demam? Ini Penyebabnya