Cuaca Sabtu 27 April 2024, Warning BMKG untuk Nusa Tenggara Timur

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 27 April 2024 | 07:00 WIB
Cuaca Sabtu 27 April 2024 (Freepik.com/Kireyonok_Yuliya)

Nakita.id - Cuaca Sabtu 27 April 2024 harus diketahu jika Moms dan Dads ingin keluar rumah.

Karena belum lama ini ada peringatan cuaca ekstrem BMKG yang membuat was-was jika keluar rumah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini terkait kondisi cuaca ekstrem yang dijadwalkan terjadi pada Sabtu, 27 April 2024.

Prakiraan tersebut mencakup potensi hujan lebat, angin kencang, serta petir dan kilat di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Jawa Barat, Lampung, dan Riau.

Menurut BMKG, kondisi cuaca yang ekstrem ini disebabkan oleh adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di Samudra Hindia bagian barat daya Bengkulu.

Sirkulasi siklonik ini membentuk daerah perlambatan kecepatan angin, yang dikenal sebagai konvergensi.

Daerah konvergensi ini terbentang dari Samudra Hindia sebelah barat Bengkulu hingga pesisir Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

Selain itu, kondisi tersebut juga membentuk daerah pertemuan angin, atau konfluensi, di Samudra Hindia sebelah barat daya Lampung.

Peringatan dini cuaca ekstrem ini penting untuk diperhatikan oleh masyarakat, karena dapat berpotensi menyebabkan gangguan dan bahaya jika tidak diwaspadai dengan baik.

Oleh karena itu, disarankan untuk tetap mengikuti perkembangan informasi cuaca terbaru yang dikeluarkan oleh BMKG melalui situs resminya atau melalui media sosial mereka.

Penting untuk selalu memperhatikan informasi cuaca sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan, terutama saat terdapat peringatan dini cuaca ekstrem seperti yang dikeluarkan oleh BMKG.

Baca Juga: Cuaca Kamis 25 April 2024, Potensi Hujan Lebat di 30 Wilayah