Cuaca Rabu 1 Mei 2024, Kalimantan Barat Diminta BMKG Waspada

By Aullia Rachma Puteri, Selasa, 30 April 2024 | 20:30 WIB
Cuaca Rabu 1 Mei 2024 (Freepik.com)

Nakita.id - Cuaca Rabu 1 Mei 2024 harus diketahu jika Moms dan Dads ingin keluar rumah.

Karena belum lama ini ada peringatan cuaca ekstrem BMKG yang membuat was-was jika keluar rumah.

Pada Rabu, 1 Mei 2024, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini mengenai kondisi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia.

Pada pagi hari, BMKG secara rutin menginformasikan prakiraan cuaca melalui para forecaster yang memanfaatkan teknologi pemodelan prediksi cuaca berbasis komputer, seperti model Numerical Weather Prediction (NWP).

Peringatan tersebut khususnya ditujukan kepada Aceh, Riau, dan Jambi, di mana prakiraan cuaca menunjukkan adanya potensi hujan lebat, angin kencang, kilat, dan petir.

Fenomena cuaca ekstrem tersebut bisa memicu berbagai bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor di beberapa daerah.

Penyebab dari kondisi cuaca ekstrem ini adalah adanya sirkulasi siklonik yang terdeteksi di Laut China Selatan, terutama di sebelah utara Kalimantan Barat.

Sirkulasi ini menciptakan daerah perlambatan kecepatan angin yang disebut konvergensi, yang memanjang dari Kalimantan Barat hingga perairan utara Kalimantan Barat.

Selain itu, sirkulasi siklonik lainnya juga teramati di Selat Karimata bagian utara, yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Selat Makassar bagian utara hingga Sulawesi Selatan.

Masyarakat di wilayah yang terpengaruh diimbau untuk tidak keluar rumah tanpa memperoleh informasi terbaru mengenai kondisi cuaca, serta memastikan bahwa tujuan perjalanan mereka tidak berada dalam area yang terdampak cuaca ekstrem.

Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui situs resmi BMKG di BMKG.go.id.

Baca Juga: Cuaca Minggu 28 April 2024, Hujan Lebat hingga Angin Kencang 21 Lokasi