Amankah Menumpuk Mesin Cuci dengan Mesin Pengering? Simak Panduannya!

By Diah Puspita Ningrum, Sabtu, 11 Mei 2024 | 13:00 WIB
Amankah menumpuk mesin cuci dengan pengering? (Freepik)

Nakita.id - Menumpuk mesin cuci dengan mesin pengering sering dilakukan untuk menghemat tempat dan mempercepat proses mencuci pakaian.

Penggunaan mesin cuci dan mesin pengering telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari di banyak rumah tangga modern.

Namun, seringkali mesin cuci dan mesin pengering ditempatkan secara berdampingan atau bahkan ditumpuk.

Yang menjadi pertanyaan, bolehkah hal ini dilakukan?

Ketika kita berbicara tentang keamanan dalam menggunakan mesin cuci dan mesin pengering, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah risiko kebakaran.

Meskipun kedua perangkat ini sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, mereka juga bisa menjadi penyebab kebakaran jika tidak digunakan dengan benar atau tidak dipasang dengan baik.

Misalnya, mesin pengering dapat menjadi sumber panas yang dapat menyebabkan kain atau bahan lainnya terbakar jika terlalu dekat dengan mesin cuci atau jika ventilasi yang baik tidak tersedia.

Selain itu, penyimpanan yang tidak aman dari bahan kimia pembersih juga dapat meningkatkan risiko kebakaran atau bahkan keracunan jika terjadi tumpahan atau kontak dengan bahan kimia tersebut.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa mesin cuci dan mesin pengering ditempatkan dengan aman dan memperhatikan semua aspek keamanan yang terkait.

Tips untuk Mengamankan Mesin Cuci dengan Mesin Pengering

1. Jarak Aman

Pastikan ada jarak yang cukup antara mesin cuci dan mesin pengering.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Mesin Cuci 1 Tabung Bukaan Atas Fitur Terlengkap