Mengenal Ciri-ciri Perilaku Anak Bossy dan Alasan Kenapa Perlu Diperbaiki

By David Togatorop, Rabu, 15 Mei 2024 | 07:56 WIB
Anak bossy cenderung disebabkan karena ingin mencari perhatian. (Pixabay)

Nakita.id - Anak bossy adalah anak yang cenderung memerintah, mengatur, atau mengendalikan orang lain, sering kali tanpa mempertimbangkan perasaan atau keinginan mereka. Perilaku ini bisa muncul karena beberapa alasan, seperti egosentrisme, mencari perhatian, meniru perilaku orang dewasa di sekitarnya, atau kebiasaan selalu dilayani.

Meskipun bisa menunjukkan potensi kepemimpinan, sikap bossy perlu diarahkan dan dikoreksi agar anak dapat belajar bekerja sama, berempati, dan menjadi mandiri.

Menghadapi anak prasekolah yang sering bersikap bossy memerlukan pemahaman mengenai ciri-ciri dan alasan di balik perilakunya:

1. Egosentris

Anak prasekolah cenderung melihat dunia dari perspektif mereka sendiri dan mengharapkan orang lain bertindak sesuai keinginannya, sehingga sering main perintah.

2. Mencari Perhatian

Anak mungkin bersikap bossy sebagai cara untuk mendapatkan perhatian karena merasa kurang mendapatkannya dari orangtua.

3. Meniru

Lingkungan memiliki pengaruh besar. Anak bisa saja meniru perilaku orangtua atau orang dewasa lainnya yang sering memberi perintah kepada orang lain.

4. Selalu Dilayani

Anak yang selalu dilayani oleh pengasuh cenderung mengembangkan kebiasaan memerintah karena merasa semua orang harus melayaninya.

Baca Juga: Sering Buat Orangtua Bingung, Ini Tips Menasihati Anak Nakal untuk Berperilaku Positif