Asyiknya Trimester Kedua Kehamilan!

By Gisela Niken, Selasa, 23 Februari 2016 | 04:00 WIB
Asyiknya Trimester Kedua Kehamilan! (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Janin yang semakin membesar menjadi salah satu perubahan selama kehamilan trimester kedua. Banyak yang mengatakan bahwa masa ini ialah masa yang asyik untuk Mama. Jika diibaratkan sedang melaut, Mama sedang berada di masa air yang tenang.

Di kehamilan trimester kedua, rasa mual di pagi hari atau yang biasa disebut morning sickness berkurang. Di masa ini, Mama cenderung punya tenaga dan jauh lebih bersemangat. Rasa lemas dan lesu yang muncul di awal kehamilan sudah tidak lagi terasa. Selain itu, gairah seks Mama akan muncul kembali. Baca juga: Aneka Gangguan Kehamilan di Trimester 2 

Hormon yang dihasilkan pada trimester pertama memang membuat badan Mama jadi drop. Namun, di kehamilan trimester kedua hormon tersebut sudah stabil sehingga badan Mama jadi lebih stabil. “Badan yang lebih stabil tentu menghasilkan perasaan bahagia. Di saat ini biasanya banyak ibu yang mulai menemui kerabat untuk memberi tahu kehamilan mereka,” kata Linda Jenkins, seorang edukator kehamilan di San Fransisco.

Trimester kedua juga menjadi waktu di mana Mama mulai bangga dengan identitas diri sebagai wanita hamil. “Di saat inilah para ibu akan mulai mencari referensi mengenai waktu kelahiran hingga cara mengasuh anak. Bertemu dengan ibu mereka jadi kegiatan yang sering dilakukan di masa ini,” kata Ann Dunnewold, PhD, seorang psikolog di New York.Baca juga: Perubahan Fisik Ibu Hamil di Trimester 2 

Mama juga bisa memulai merencanakan kelahiran di masa ini. Rasa bahagia yang Mama rasakan bisa membantu Mama memikirkan kelahiran, berbelanja kebutuhan bayi, hingga mengikuti kelas ibu hamil di rumah sakit. Mama juga sudah mampu melakukan berbagai olahraga seperti yoga dan berenang.

Yang tak kalah menyenangkan adalah janin yang sudah mulai menunjukkan gerakan. Di minggu ke-16 hingga ke-20, biasanya Mama mulai merasakan gerakan kecil. Mama dapat merasakan si kecil bergerak dan menendang ketika menginjak minggu ke 20 hingga 22. Perkembangan janin yang dapat Mama rasakan turut membuat perubahan selama kehamilan trimester keduaMeski terlihat menyenangkan, kehamilan trimester kedua juga menimbulkan kecemasan. Mama akan cemas mengenai hari kelahiran nanti. Di saat inilah Mama menjadi sangat peduli terhadap kesehatan sehingga melakukan berbagai tes kesehatan agar mengetahui risiko apa yang bisa terjadi saat melahirkan. Tekanan darah dan kolesterol menjadi dua hal yang paling sering dipantau oleh Mama.(Niken/Fit Pregnancy)