Lebih Baik Pasang Tandon di Atas atau di Bawah? Ini Penjelasannya

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Senin, 20 Mei 2024 | 14:15 WIB
Pertimbangan memasang tandon air (Freepik)

Nakita.id - Memiliki tandon air sangat bermanfaat bagi rumah tangga. Tetapi ada berbagai pertimbangan sebelum memasang tandon.

Saat hendak memasang tandon air di rumah, Moms mungkin akan dihadapkan pilihan antara tandon air di atas atau bawah tanah.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan pilihan, Moms harus mengetahui lokasi tandon air yang tepat untuk digunakan di rumah.

Salah satu caranya dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan tandon air di atas atau bawah tanah. Kemudian disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi rumah.

Dikutip dari situs Well Water Solution, berikut kelebihan dan kekurangan tandon air di atas serta tandon air bawah tanah.

Tandon air di atas

Harga tandon air di atas tanah lebih terjangkau dan membutuhkan lebih sedikit pekerjaan selama pemasangan.

Setelah dipasang, perawatannya mudah.

Moms juga akan dapat melihat adanya kerusakan atau retakan yang mungkin terjadi sehingga Moms dapat memperbaikinya dengan sedikit kesulitan.

Jika Moms tidak menyukai tampilannya, Moms dapat menyamarkan tangki agar menyatu dengan properti yang lain.

Namun, karena penempatannya di atas tanah, mereka lebih berisiko rusak. Misalnya lebih rentan membeku selama musim dingin dan menjadi sangat panas di musim panas, sehingga menimbulkan masalah ketika pengendalian suhu diperlukan.

Tangki air di atas tanah biasanya juga lebih kecil daripada tangki air di bawah tanah, jadi Moms perlu menentukan apakah tangki tersebut cukup besar untuk memenuhi kebutuhan.

Baca Juga: Tandon Air di Rumah Bocor Bisa Diperbaiki dengan Cara Mudah Ini Sebelum Panggil Tukang