Tips Melahirkan dengan Mudah dan Lancar

By Gisela Niken, Senin, 22 Februari 2016 | 05:30 WIB
Tips Melahirkan dengan Mudah dan Lancar (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Melahirkan dengan mudah dan lancar merupakan impian seluruh Mama. Beberapa ahli mencoba untuk merumuskan cara-cara yang dapat Mama lakukan agar dapat melahirkan dengan mudah.

1. OlahragaTekoa King, seorang profesor di University of California, mengatakan bahwa ibu hamil di trimester terakhir perlu meningkatkan daya tahan tubuh. “Saat melahirkan akan banyak tenaga yang dikeluarkan. Jika tidak dilatih dari sekarang, ibu hamil akan cepat merasa lelah,” ujarnya. Menurutnya olahraga yang dapat dilakukan antara lain jalan kaki dan berenang.Baca juga: Kiat Melahirkan Normal Bebas Jahitan 

2. Menyibukkan diriMama perlu menyiapkan tenaga selama 12 hingga 14 jam, khususnya bagi Mama yang baru pertama kali melahirkan. Ketika kontraksi dimulai punggung dan bagian bawah perut menjadi bagian pertama yang terserang rasa nyeri. Cobalah untuk melupakan sejenak rasa sakit itu. Mama bisa mengalihkan pikiran dengan berjalan-jalan atau melakukan hobi Mama seperti memasak.

3. MakanMemakan camilan memang sangat disarankan saat sebelum melahirkan. Tapi, Mama perlu memilih camilan yang aman dimakan. Mama harus menghindari makanan yang berlemak dan makanan yang sulit dicerna seperti kacang-kacangan. Perut yang terlalu penuh akan membuat Mama mual dan muntah sebelum persalinan. Camilan yang mengandung protein dan vitamin dapat menjadi pilihan. Jangan lupa mengonsumsi air yang cukup agar tidak dehidrasi.

4. PijatSebuah penelitian dari Touch Research Institute mengatakan ibu yang dipijat oleh pasangannya akan merasakan sakit serta kecemasan yang lebih rendah dibanding ibu yang tidak dipijat. Mama bisa meminta Papa memijat bagian bahu atau leher. Usapan lembut di punggung juga bisa mengurangi rasa sakit yang Mama rasakan, lo.Baca juga: Ini yang Akan Terjadi Jika Suami Tak Menemani Istri Melahirkan 

5. Mengatur napasMengatur napas dapat membuat Mama jadi lebih fokus saat kontraksi. Selain itu, Mama menjadi lebih relaks dan santai. Mama juga bisa lo, membayangkan tempat-tempat favorit Mama atau mendengarkan musik tenang. Jangan lupa ingat si kecil yang akan lahir, dan kebahagiaan yang Mama dapatkan setelah melihatnya.

Itu dia tip melahirkan dengan mudah. Bantuan serta dukungan orang di sekitar Mama sangat dibutuhkan agar suasana hati Mama bahagia. Mama yang bahagia sangat membantu mengatasi sakit yang dirasakan saat melahirkan. (Niken/Parents)