8 Penyebab Tagihan Listrik Boros Walau Tak Pakai AC, Simak Yuk

By Kirana Riyantika, Sabtu, 25 Mei 2024 | 18:30 WIB
Biaya tagihan listrik (Nakita/Kirana)

 

Nakita.id - Menghadapi tagihan listrik yang tinggi dapat menjadi sumber kekhawatiran, terutama ketika Moms merasa sudah melakukan penghematan, seperti tidak menggunakan AC.

Meskipun AC dikenal sebagai salah satu perangkat yang mengonsumsi banyak energi, ada banyak faktor lain yang bisa menyebabkan tagihan listrik tetap tinggi.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai berbagai penyebab tagihan listrik boros meskipun tidak menggunakan AC, serta cara-cara untuk mengurangi konsumsi listrik.

Penyebab Tagihan Listrik Boros

1. Penggunaan Perangkat Elektronik Lain yang Intensif

Kulkas adalah salah satu perangkat yang bekerja 24 jam sehari dan mengonsumsi listrik secara kontinu. Kulkas yang sudah tua atau tidak efisien bisa menghabiskan lebih banyak energi daripada model yang lebih baru dan hemat energi.

Cara Mengatasi:

Periksa Kondisi Kulkas: Pastikan kulkas berfungsi dengan baik, tanpa kebocoran udara dan pintu yang tertutup rapat.

Atur Suhu dengan Benar: Setel suhu kulkas pada tingkat yang direkomendasikan, biasanya sekitar 3-5 derajat Celsius untuk bagian pendingin dan -18 derajat Celsius untuk freezer.

Selain kulkas, pemanas air juga bisa membuat tagihan listrik naik.

Pemanas air, terutama yang berbasis listrik, dapat mengonsumsi banyak energi, terutama jika digunakan secara berlebihan atau tidak diatur dengan baik.

Cara Mengatasi:

Gunakan Pemanas Air Sesuai Kebutuhan: Matikan pemanas air ketika tidak digunakan, atau atur timer untuk menghidupkan dan mematikan sesuai kebutuhan.

 Baca Juga: Rekomendasi Mesin Cuci 1 Tabung Hemat Listrik Murah, Merek Apa?