Niaya Kuliah UKT 2024 Meroket, Ini Daftar UKT Termahal di UI

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Senin, 27 Mei 2024 | 10:59 WIB
Biaya UKT tertinggi di Universitas Indonesia (https://www.ui.ac.id/)

Nakita.id - Isu mahalnya harga Uang Kuliah Tunggal (UKT) di beberapa universitas di Indonesia menjadi sorotan orang tua.

Terlebih bagi orang tua yang anaknya baru akan memasuki jenjang universitas.

Salah satu universitas yang telah mengumumkan biaya kuliah adalah Universitas Indonesia (UI).

Universitas Indonesia (UI) telah mengumumkan biaya kuliah 2024/2025 berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI).

Nominal biaya kuliah di UI beragam dari mulai UKT paling kecil Rp500.000 hingga paling besar Rp20 juta untuk beberapa fakultas.

Biaya UKT dan IPI disesuaikan dengan latar belakang sosio-ekonomi orangtua atau penanggung biaya pendidikan masing-masing mahasiswa.

Adapun IPI (yang dibayarkan satu kali saat masuk) hanya akan dibebankan pada mahasiswa yang masuk UI melalui jalur Seleksi Masuk UI atau Simak UI, di samping tetap membayar UKT tiap semester.

Sementara mahasiswa yang masuk melalui jalur SNPMB hanya akan dikenakan biaya UKT. Biaya kuliah tersebut ditentukan saat melakukan proses pra-registrasi, UI akan menetapkan tarif UKT dan IPI yang sesuai bagi masing-masing mahasiswa.

Apabila tarif yang ditetapkan dirasakan tidak sesuai, mahasiswa bisa melakukan konsultasi dengan mahasiswa dan orangtua atau penanggung biaya pendidikan yang bersangkutan hingga diperoleh tarif yang sesuai.

Namun, sebagai acuan, calon mahasiswa bisa melihat terlebih dahulu daftar UKT paling mahal di UI berdasarkan biaya kuliah yang baru dirilis untuk tahun 2024/2025.

Baca Juga: Biaya Kuliah Farmasi Negeri, UKT Ratusan Ribu hingga Belasan Juta

Daftar UKT paling mahal di UI