Hamil di Usia 40-an Meningkatkan Risiko Stroke dan Jantung

By Gisela Niken, Jumat, 19 Februari 2016 | 07:00 WIB
Hamil di Usia 40-an Meningkatkan Risiko Stroke dan Jantung (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Berbagai peneliti telah memaparkan temuan risiko hamil di usia 40 –an seperti anaknya akan berisiko mengalami down syndrome. Namun, sebuah penelitian yang dipresentasikan dalam American Stroke Association International Stroke Conference 2016 mengungkapkan ibu hamil di usia 40-an meningkatkan risiko terkena stroke dan jantung di kemudian hari.Baca juga: Di atas 35 Tahun, Wanita Sulit Hamil 

Para peneliti melihat data dari 72.000 wanita berusia 50-79 selama periode 12 tahun. Mereka membandingkan tingkat kemungkinan stroke dan serangan jantung antara wanita yang memiliki anak di usa 40-an dengan wanita yang memiliki anak di usia dini. Hasilnya, para wanita dengan kehamilan tua lebih berisiko 2% hingga 5%.

“Wanita dengan kehamilan di atas usia 40-an juga berisiko mengalami gangguan selama kehamilan maupun saat melahirkan,” ujar Adnan Quareshi, MD, pemimpin penelitian ini. Hasil penelitian ini juga ingin mengungkapkan kehamilan di usia 40-an juga berdampak jangka panjang pada kesehatan.

Quareshi menemukan penyebab penyakit stroke dan jantung seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan kolesterol banyak terjadi pada ibu hamil. Kenapa ya? Mama yang sedang hamil banyak mengalami perubahan seperti kerja jantung yang ekstra untuk memompa darah kepada janin. Fungsi organ yang menurun seiring tuanya usia membuat tubuh tidak mampu beradaptasi dengan ibu hamil.Baca juga: Tekanan Darah Tinggi Semasa Hamil 

Mama yang hamil di usia 40-an bisa melakukan berbagai pencegahan lo. Quareshi sangat menganjurkan Mama untuk rajin memeriksakan berat badan, tekanan darah serta kolestrol. Tak lupa seimbangkan dengan pola makan yang sehat dan tentunya berolahraga.

Hasil penelitian mengenai risiko hamil di usia 40-an ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan Mama saat merencanakan kehamilan. Dampak dari kehamilan di usia 40-an tak hanya berdampak pada anak tetapi juga terhadap Mama.(Niken/FitPregnancy)