Kemendikbudristek Masuk 10 Kementerian Terbaik dalam Penerapan SPBE 2024

By David Togatorop, Kamis, 30 Mei 2024 | 07:05 WIB
Kemendikbudristek raih penghargaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Terbaik pada kategori kementerian. (Pixabay)

Nakita.id - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berhasil masuk dalam jajaran 10 kementerian terbaik dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2024.

Penghargaan ini diterima pada ajang Digital Government Award SPBE Summit 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) selaku Ketua Tim Koordinasi SPBE Nasional.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, selaku Ketua Tim Koordinasi SPBE Nasional, menyatakan bahwa GovTech akan memenuhi kebutuhan masyarakat dengan berbagai kemudahan.

GovTech adalah penyedia layanan pemerintahan terpadu yang mengintegrasikan berbagai platform kementerian dan lembaga di Indonesia.

Tim Koordinasi SPBE yang berisi antara lain Menteri PANRB, Menteri Kominfo, Menteri Keuangan, Menteri PPN/Kepala Bappenas, dan Mendagri.

Pada acara SPBE Summit 2024, berbagai penghargaan diberikan kepada instansi pemerintah yang berhasil mencapai nilai pemantauan dan evaluasi SPBE terbaik.

Acara ini juga melibatkan penandatanganan komitmen oleh pimpinan instansi kementerian/lembaga yang bertanggung jawab atas sembilan layanan SPBE prioritas.

Dihadiri oleh para menteri koordinator, menteri Kabinet Indonesia Maju, kepala lembaga, gubernur, bupati, dan walikota, acara ini menunjukkan komitmen nasional dalam penerapan SPBE.

Kriteria Penilaian SPBE

Dikutip dari rilis Kemendikbidristek, penghargaan ini diberikan berdasarkan beberapa kriteria penilaian yang meliputi Perencanaan strategis SPBE, Teknologi informasi dan komunikasi, Penyelenggaraan SPBE, Penerapan manajemen SPBE, Audit TIK, Layanan administrasi pemerintah berbasis elektronik, Layanan publik berbasis elektronik.

Kemendikbudristek telah membangun ekosistem teknologi pendidikan yang mencakup platform seperti Merdeka Mengajar, Rapor Pendidikan, Kampus Merdeka, Kedaireka, Akun Belajar.id, ARKAS, TanyaBOS, dan SIPLah.

Baca Juga: Resmi Masuk Kurikulum Merdeka, Perangkat Ajar Kesehatan Bantu Wujudkan Keluarga Sehat Anak Berprestasi