Konsumsi Ikan Berlebih Saat Hamil Picu Anak Obesitas?

By Gisela Niken, Kamis, 18 Februari 2016 | 06:30 WIB
Konsumsi Ikan Berlebih Saat Hamil Picu Anak Obesitas? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi lebih dari tiga porsi ikan selama seminggu berpotensi memiliki anak dengan risiko obesitas.

Hal ini disebabkan, dalam berbagai penelitian telah dikatakan bahwa ikan laut mengandung merkuri, yang dapat menyebabkan kerusakan saraf, pencernaan dan sistem kekebalan, paru-paru, ginjal, kulit, dan mata. Oleh karena itu, US Food and Drug Administration and Environmental Protection Agency, mendorong ibu hamil untuk membatasi konsumsi ikan tidak lebih dari tiga porsi dalam seminggu.

Dalam penelitian terbaru yang digelar oleh University of Crete di Yunani, dipaparkan risiko lain yang perlu dipertimbangkan ibu hamil, yaitu pencemaran merkuri dalam ikan bisa memicu obesitas pada anak. Sebab, zat polutan tersebut mengacaukan perkembangan sistem hormon saat bayi berada dalam kandungan, demikian dilaporkan dalam jurnal JAMA Pediatrics.

Untuk meneliti hubungan antara konsumsi ikan dan ibu hamil, Dr. Leda Chatzi, salah seorang peneliti University of Crete, mengatakan bahwa timnya menganalisis data yang telah mencatat 26.000 ibu hamil serta perkembangan anak mereka hingga enam tahun. Data ini dikumpulkan dari berbagai negara di Amerika dan Eropa.

Studi ini kemudian memberikan kesimpulan bahwa wanita yang sering makan ikan selama kehamilan memiliki anak dengan potensi 22% lebih besar untuk obesitas hingga usia dua tahun. Sementara potensi obesitas sebesar 14% terjadi pada usia empat tahun dan 22% untuk usia enam tahun. Pengaruhnya juga lebih mungkin terjadi pada anak perempuan.Baca juga: Minyak Ikan Dapat Mencegah Depresi Sebelum Melahirkan 

Meskipun demikian, ibu hamil bukannya tidak boleh mengonsumsi ikan. Sebab, ikan mengandung berbagai nutrisi penting seperti Vitamin D dan asam lemak omega 3. Namun, batasi konsumsi tidak lebih dari tiga porsi selama satu minggu. “Ibu hamil juga harus menghindari ikan yang mengandung banyak polutan dan memilih ikan segar,” ujar Dr. Chatzi.

Jenis ikan yang boleh dikonsumsi ibu hamil antara lain salmon, sarden, tuna, tongkol, dan ikan kod. Sedangkan ikan yang terhitung sebagai predator besar seperti tenggiri amerika (king mackerel), cucut, dan hiu sangat tidak direkomendasikan karena mengandung merkuri yang tinggi. Baca juga: Manfaat Ikan Bandeng Untuk Ibu Hamil dan Janin 

Dengan demikian, ibu hamil boleh mengonsumsi ikan asal pilih-pilih dulu jenis ikannya ya, Mam. Dengan begitu, Mama bisa merasakan manfaat ikan tanpa mendapatkan dampak buruknya.

(Niken/FoxNews)