Kapan Produksi ASI Mulai Kosong? Ketahui Tanda Jika Produksi ASI Turun

By Diah Puspita Ningrum, Minggu, 23 Juni 2024 | 08:00 WIB
Kapan ASI mulai kosong? (Freepik)

Nakita.id - Kapan produksi ASI mulai kosong kerap menjadi pertanyaan para ibu menyusui.

Produksi Air Susu Ibu (ASI) adalah proses alami yang terjadi setelah kelahiran bayi, di mana tubuh ibu memproduksi ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

Namun, banyak ibu yang khawatir tentang kapan produksi ASI mereka mulai kosong dan apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Artikel ini akan membahas faktor-faktor yang mempengaruhi produksi ASI, tanda-tanda produksi ASI menurun, dan cara untuk menjaga dan meningkatkan produksi ASI.

Proses Produksi ASI

Produksi ASI dimulai segera setelah plasenta dikeluarkan dari tubuh ibu.

Perubahan hormonal, khususnya penurunan kadar progesteron dan peningkatan prolaktin, merangsang kelenjar susu untuk mulai memproduksi ASI.

Pada hari-hari pertama setelah kelahiran, ibu menghasilkan kolostrum, yaitu ASI pertama yang kaya akan nutrisi dan antibodi.

Kolostrum berwarna kekuningan dan lebih kental dibandingkan ASI matang.

Sekitar 2-5 hari setelah melahirkan, produksi ASI akan meningkat dan berubah menjadi ASI matang.

Proses ini dikenal sebagai "milk coming in." Pada tahap ini, produksi ASI diatur oleh prinsip suplai dan permintaan; semakin sering dan efektif bayi menyusu, semakin banyak ASI yang akan diproduksi oleh tubuh ibu.

Tanda-Tanda Produksi ASI Menurun

Mengetahui tanda-tanda produksi ASI menurun dapat membantu ibu mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan produksi sebelum ASI benar-benar kosong.

Beberapa tanda-tanda tersebut meliputi: