Kunci Jawaban Soal Latihan Halaman 269 tentang Kekuatan Kata Sandi, Matematika Tingkat Lanjut Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka

By Ratnaningtyas Winahyu, Kamis, 6 Juni 2024 | 11:30 WIB
Kunci jawaban soal latihan halaman 269 tentang kekuatan kata sandi, buku Matematika Tingkat Lanjut kelas XI SMA Kurikulum Merdeka (Freepik.com/wayhomestudio)

Nakita.id – Saat ini, mata pelajaran Matematika Tingkat Lanjut kelas XI SMA Kurikulum Merdeka masih berada di bab 5. Materi yang dipelajari adalah mengenai fungsi logaritma.

Pada artikel Kurikulum Merdeka sebelumnya, kita telah membahas tentang identitas fungsi logaritma.

Kita juga sudah mengerjakan soal latihannya, yaitu soal Mari Mencoba dan Mari Mengomunikasikan yang ada pada halaman 266 dan 267. Sekarang kita akan lanjut membahas mengenai matematika dan sains, yaitu kekuatan kata sandi.

Yuk, simak pembahasannya terlebih dahulu sebelum menjawab soal yang diberikan.

Matematika dan sains

Kekuatan kata sandi

Pada Bab III, kalian telah belajar bagaimana cara membuat kata sandi dengan memanfaatkan matriks. Namun, seberapa kuatkah kata sandi yang dibuat tersebut?

Kekuatan suatu kata sandi diukur dari ukuran efektivitas kata sandi terhadap serangan tebak-tebakan atau brute force.

Brute force adalah perkiraan berapa banyak percobaan yang dibutuhkan seseorang yang tidak memiliki akses langsung ke kata sandi tersebut dan rata-rata untuk menebaknya dengan benar suatu kata sandi tersebut.

Kata sandi acak terdiri atas serangkaian simbol dengan panjang tertentu.

Simbol tersebut diambil dari kumpulan simbol-simbol menggunakan proses pemilihan acak di mana setiap simbol memiliki kemungkinan yang sama untuk terpilih.

Sebuah sandi yang dihasilkan oleh proses yang secara acak dalam pemilihan string simbol dengan panjang L dari sekumpulan N simbol yang mungkin, maka jumlah kemungkinan kata sandi didapatkan dengan menaikkan jumlah simbol ke pangkat L, yaitu NL.

Meningkatkan L atau N akan memperkuat kata sandi yang dihasilkan.

Baca Juga: Kunci Jawaban Soal Fungsi Logaritma Halaman 266-267, Matematika Tingkat Lanjut Kelas XI SMA Kurikulum Merdeka