Cuaca Minggu 9 Juni 2024, Waspada Hujan Lebat di 22 Provinsi, Mana?

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 8 Juni 2024 | 20:33 WIB
Cuaca Minggu 9 Juni 2024 (Freepik)

Nakita.id - Cuaca Minggu 9 Juni 2024 harus diketahu jika Moms dan Dads ingin keluar rumah.

Karena belum lama ini ada peringatan cuaca ekstrem BMKG yang membuat was-was jika keluar rumah.

Moms, penting untuk selalu memantau kondisi cuaca terkini, terutama jika ada peringatan dini dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Pada Minggu, 9 Juni 2024, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini mengenai cuaca ekstrem yang perlu diwaspadai.

BMKG menjelaskan bahwa sirkulasi siklonik terpantau di beberapa wilayah seperti Pesisir Barat Sumatra Barat, Pesisir Utara Papua Barat Daya, dan Samudra Pasifik di Utara Papua.

Sirkulasi ini membentuk daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi di Perairan Barat Bengkulu, Teluk Cendrawasih, dan Samudra Pasifik Utara Papua.

Selain itu, sirkulasi siklonik tersebut juga menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan angin atau konfluensi di Pesisir Utara Papua dan Samudra Pasifik Timur Laut Papua.

Daerah perlambatan kecepatan angin memanjang dari Perairan Barat Bengkulu hingga Samudra Hindia Barat Sumatra Barat, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Utara, dari Pesisir Selatan Jawa Timur hingga Laut Jawa Utara Jawa Tengah, dari Pesisir Utara Pulau Alor hingga Pulau Lombok, dari Sulawesi Tenggara hingga Selat Makassar, dari Laut Seram hingga Pulau Halmahera, dan dari Papua Pegunungan hingga Pesisir Utara Papua.

Daerah pertemuan angin juga terpantau di beberapa wilayah seperti Laut Banda, Laut Flores, Laut Jawa, Laut Natuna, Laut Cina Selatan, Samudra Hindia Selatan NTT hingga Barat Daya Bengkulu, dan Samudra Pasifik Utara Papua Barat.

Kondisi ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi dan konfluensi tersebut.

Selain itu, terdapat Labilitas Lokal Kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal di berbagai wilayah seperti Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat Daya, Papua Barat, Papua, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Baca Juga: Cuaca Sabtu 8Juni 2024, Hujan Lebat karena Perlambatan Kecepatan Angin