Makanan Penambah Energi Saat Hamil

By Gisela Niken, Selasa, 16 Februari 2016 | 05:30 WIB
Makanan Penambah Energi Saat Hamil (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Hamil merupakan fase yang tidak mudah bagi kaum perempuan. Banyak perubahan yang terjadi di dalam tubuh Mama sehingga Mama perlu mendapatkan asupan gizi yang tepat. Salah satunya, makanan penambah energi saat hamil agar Mama tidak merasa lemas dan bisa tetap melanjutkan aktivitas sehari-hari.

1. Buah keringKandungan manis dalam buah kering dapat menjadi energi buat Mama. Mama bisa menjadikan buah kering sebagai camilan sehari-hari. Berbagai buah seperti ceri memiliki zat besi yang baik untuk metabolisme tubuh Mama dan juga mengurangi mual saat kehamilan.

2. KedelaiKedelai dapat memenuhi kebutuhan kalori Mama sehari-hari. Maka, kedelai sangat disarankan untuk Mama konsumsi. Meskipun banyak kalori, kedelai tidak menimbulkan lemak dalam tubuh karena mengandung protein, serat, zat besi, dan omega 3.Baca juga: Sudah Tahu Manfaat Susu Kedelai Bagi Anak? 

3. JerukKandungan air dalam jeruk sangat baik untuk meningkatkan energi Mama. Selain itu, jeruk kaya akan vitamin C, folat, dan serat. Jadi, jangan ragu untuk memilih jeruk sebagai makanan penambah energi saat hamil.

4. GandumMakanan olahan dari gandum seperti roti gandum adalah makanan wajib bagi ibu hamil. Serat dan zat besi menjadi dua kandungan yang sangat baik untuk meningkatkan energi serta menjaga metabolisme tubuh.Baca juga: Ingin Hamil Aman dan Lancar? Coba Konsumsi Makanan Ini 

5. OatmealKarbohidrat kompleks seperti oatmeal sangat baik untuk meningkatkan energi. Hebatnya, makanan ini juga membuat Mama tidak mudah lapar. Mama tetap menjaga berat badan tanpa harus merasa lemas. Selain itu, oatmeal dapat menurunkan kolesterol selama hamil.

6. TelurSebagai sumber protein, telur dapat memenuhi kebutuhan protein Mama selama hamil. Asam amino dalam telur dapat menyediakan energi bagi tubuh. Berbagai ahli gizi juga sudah menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi telur lo, Mam.

Mama bisa mengonsumsi makanan di atas agar menjadi makanan penambah energi saat hamil. Pola makan yang baik saat hamil sangat dibutuhkan agar mendapat asupan gizi yang seimbang dan tidak mengalami kelebihan berat badan. (Niken/Boldsky)