Cuaca Rabu 12 Juni 2024, Jateng dan Jatim Waspada Hujan Lebat

By Aullia Rachma Puteri, Rabu, 12 Juni 2024 | 07:00 WIB
Cuaca Rabu 12 Juni 2024 (Dok. Nakita)

Nakita.id - Cuaca Rabu 12 Juni 2024 harus diketahu jika Moms dan Dads ingin keluar rumah.

Karena belum lama ini ada peringatan cuaca ekstrem BMKG yang membuat was-was jika keluar rumah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk Rabu, 12 Juni 2024.

Menurut informasi yang dikutip dari laman resmi BMKG, Bibit Siklon Tropis 95W terpantau berada di Laut Filipina, dengan tekanan sebesar 1010 hPa dan kecepatan angin maksimum mencapai 15 knot.

Bibit siklon tropis ini bergerak ke arah Barat dan memiliki potensi untuk berkembang menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan, meskipun saat ini masih berada dalam kategori rendah.

Sistem ini menyebabkan terbentuknya daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dari Laut Sulu hingga Laut Filipina, serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Laut Sulu.

Selain itu, sirkulasi antisiklonik juga terpantau di Samudra Hindia bagian barat Sumatra Utara, sementara sirkulasi siklonik terpantau di Papua Barat Daya.

Sirkulasi siklonik ini membentuk beberapa daerah konvergensi, yaitu dari Laut Banda hingga Maluku, dari Maluku Utara hingga Laut Maluku, dari Samudra Pasifik utara Papua hingga Papua Barat Daya, dan dari Papua Pegunungan hingga Papua Barat.

Selain itu, daerah konfluensi juga memanjang dari Laut Sulawesi hingga Laut Filipina serta di sekitar Papua Barat Daya dan Papua Barat.

Selain itu, daerah konvergensi lain terpantau memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, dari Lampung hingga Bengkulu, dari Laut Jawa hingga Kepulauan Bangka Belitung, di Samudra Hindia barat daya Banten, dari Selat Makassar hingga Kalimantan Tengah, dari Kalimantan Timur hingga utara Kalimantan Utara, dari Gorontalo hingga Laut Sulawesi, dan di Samudra Pasifik utara Papua.

Daerah konfluensi lain juga terpantau di Selat Malaka dan Samudra Hindia bagian barat Sumatra Barat.

Baca Juga: Cuaca Minggu 9 Juni 2024, Waspada Hujan Lebat di 22 Provinsi, Mana?